Rangkaian 39 Tahun MTsN Borobudur: Siswa SD/MI Antusias dengan Demo Robotik

Magelang – Demo Robotik menarik perhatian siswa SD/MI peserta TryOut US di MTsN Borobudur Selasa, (28/3/2017). Para siswa tampak antusias dengan berkerumun untuk mendengarkan penjelasan bagaimana robot bisa berjalan pada track yang sudah tersedia.

Kontributor Bambang Sugiarto, menyampaikan bahwa kegiatan TryOut US bagi siswa SD/MI tersebut merupakan rangkaian kegiatan peringatan 39 tahun MTsN Borobudur. Sebelumnya diselenggarakan acara Semaan Al Quran 30 Juz, dan Kenduri Kebersamaan pada Senin, (27/3/2017). (Baca Kenduri Merajut Kebersamaan, Refleksi Kontemplatif 39 Tahun Perjalanan MTsN Borobudur).

 “Selain Try Out yang memang menjadi agenda utama, kegiatan dimeriahkan oleh penampilan aneka tari dari ekstra Seni dan Teater, Musikalisasi Puisi dan band dari ekstra Musik, Robotika, drumband, serta pembagian aneka doorprize,” ujar Bambang.

Bambang melanjutkan penampilan ekstra Robotika sangat menarik bagi siswa SD/MI. Mereka sangat antusias berkerumun untuk melihat demonstrasi robot yang berjalan pada track yang sudah disiapkan. Dzaki, anggota ekstra robotika menjelaskan cara menyetting dan menjalankan robot tersebut.

“Dzaky telah mengikuti even robotika Madrasah tingkat nasional di Jakarta, dan baru saja mengikuti lomba Line Follower untuk pelajar tingkat nasional di Polines Roboline Contest 2017 di Semarang,” lanjutnya.

Dalam penjelasannya Dzaky berharap adik-adik peserta Try Out yang berkualitas nantinya mau masuk ke MTs Negeri Borobudur dan bergabung bersama dirinya dalam ekskul Robotika untuk bisa membawa nama baik MTsN Borobudur di tingkat propinsi dan nasional.

Tiga siswa terbaik dalam TryOut tersebut adalah 1) Dwi Nur Rahmawati, SDN Ringin Anom 1 Kec. Borobudur dengan nilai 82, 2) Laila Khurnia Sari, SDN Giritengah 2 Kec. Borobudur dengan nilai 81, 3) Dela Triski Nazela, SD Ringin Anom 1 Kec. Borobudur dengan nilai 80.

“Bagi tiga peserta TryOut terbaik, madrasah memberikan hadiah berupa Piagam Penghargaan dan uang pembinaan sebesar Rp 300.000,00 untuk terbaik 1, Rp 250.000,00 untuk terbaik 2, dan Rp 200.000,00 untuk terbaik 3,” ujar Bambang.

Beberapa siswa beruntung mendapatkan doorprize adalah 1) Mutia Rizky Maulana, SDN Ngadiharjo 2 Borobudur berupa Dispenser, 2) M. Nazwa Maulana, SDIT Al-Madinah Tempuran berupa TV 14 Inch, dan 3) Pratiwi Nurahmawati, MI Ma’arif Donorojo Mertoyudan mendapatkan Sepeda Gunung.

Kepala MTsN Borobudur Tasimin, mengapresiasi para siswa SD/MI yang sudah berpartisipasi mengikuti try out dengan jujur dan tertib dan menyiapkan program bantuan pendidikan bagi siswa yang berprestasi di sekolahnya jika melanjutkan pendidikan di MTsN Borobudur. (b4ms-m45k – Af)