Sebanyak 6 Madrasah di Kabupaten Wonogiri Kembali Gelar Uji Coba PTM

Wonogiri _ Sebanyak enam madrasah di Wonogiri dijadwalkan mengikuti uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) mulai Senin (24/05). Namun, uji coba PTM belum bakal dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN). Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten  Wonogiri, H. Cahyo Sukmana mengatakan, semua Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Wonogiri bakal menggelar uji coba PTM.

“Alhamdulillah madrasah tersebut sudah dapat rekomendasi dari Dinas Pendidikan Provinsi Jateng, Kanwil Kemenag Jateng, dan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Wonogiri,” jelas H. Cahyo.

Akan ada enam madrasah di Wonogiri yang melakukan uji coba PTM tahap ketiga pada 24 Mei hingga 6 Juni. Di antaranya MTsN 1 Wonogiri dan MTsN 2 Wonogiri di Kecamatan Wonogiri Kota, lalu MTsN 3 Wonogiri di Kecamatan Purwantoro. Selanjutnya adalah MTsN 4 Wonogiri di Kecamatan Nguntoronadi dan MTsN 5 Wonogiri di Kecamatan Manyaran. Satu madrasah lain yang bakal ikut melakukan uji coba PTM adalah MAN Wonogiri. “Jadi ada perluasan, jumlah sekolah ditambah,” kata H. Cahyo.

Sebelumnya, pada saat uji coba PTM tahap kedua, uji coba di MTsN 2 Wonogiri ditunda usai berjalan empat hari. Uji coba dihentikan karena guru di madrasah itu belum disuntik vaksin.

“Sekarang para guru sudah divaksin. Ada juga yang sudah penyuntikan dosis kedua,” kata H. Cahyo.

Pihaknya juga sudah mengikuti rapat koordinasi dengan Pemkab Wonogiri membahas uji coba PTM tahap ketiga. Sistem uji coba PTM di madrasah seperti tata cara pembelajaran, jumlah peserta, durasi uji coba dan lain sebagainya mengikuti arahan dari satgas penanganan Covid-19 dan Pemkab Wonogiri.

“Kalau madrasah yang bakal ikut uji coba PTM sudah menyiapkan protokol kesehatan yang ketat, lembaga sudah menyiapkan dengan serius,” kata Cahyo.

H. Cahyo meminta seluruh peserta uji coba PTM, baik guru, karyawan dan siswa untuk bisa menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Hal ini guna meminimalisir potensi penyebaran Covid-19 saat uji coba PTM digelar.(Mursyid/Sua)