Tiga Syarat Manusia Sehat

Sragen – Orang yang sehat itu paling tidak harus memenuhi 3 syarat yang harus terpenuhi, demikian yang disampaikan KH. dr. Agus Budiharto saat menyampaikan Kajian Ramadhan IV di Aula Kankemenag Sragen (21/06) yang dihadiri 300 an jajaran pegawai Kankemenag Sragen.

“Manusia itu disebut sehat kalau memenuhi paling tidak 3 syarat, yakni sehat fisiknya, sehat jiwanya dan sehat sosialnya,” kata Kyai Agus.

Lebih lanjut Kyai Agus menjelaskan, sehat fisik ukurannya sehat badan, terbebas dari penyakit dan bebas dari cacat, sedangkan sehat jiwa memiliki ciri orang tersebut seperti kebanyakan orang, menyesuaikan dengan orang lain dan mampu menilai realitas dan terakhir sehat sosial maksudnya adalah mampu bergaul/bekerjasama dan saling menguntungkan sesama”.

Puasa, yang mensyaratkan untuk tidak makan, minum, dan melakukan perbuatan-perbuatan lain yang membatalkan puasa dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani.

Puasa dapat mencegah penyakit yang timbul karena pola makan yang berlebihan. Makanan yang berlebihan gizi belum tentu baik untuk kesehatan seseorang. Kelebihan gizi atau overnutrisi mengakibatkan kegemukan yang dapat menimbulkan penyakit degeneratif seperti kolesterol dan trigliserida tinggi, jantung koroner, kencing manis (diabetes mellitus), dan lain-lain.

KH. dr. Agus Budiharto, dokter yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Tanfidziah PC NU Kabupaten Sragen tersebut juga menyampaikan bahwa selain berhubungan dengan kesehatan secara fisik, puasa itu juga memiliki manfaat untuk menanggulangi penyakit hati.

“Penyakit hati seperti sombong, dengki, adu domba adalah perilaku, sikap, kepribadian yang menyimpang dari tuntunan agama dan dampaknya dapat merugikan orang lain dan bahkan merugikan masyarakat,” pungkasnya. (ira1/Wul)