MAN Temanggung Melaksanakan Wisuda

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung MAN Temanggung melakukan Wisuda Purna Wiyata Tahun 2017 sekaligus penyerahan hasil ujian madrasah sebanyak  340 (tiga ratus empat puluh) siswa lulus dari satu-satunya Madrasah Aliyah Negeri yang ada di Kabupaten Temanggung ini. Prosesi Wisuda Purna Wiyata Tahun 2017 dilakukan di halaman MAN Temanggung, Kamis (04/05).

Semua siswa yang akan diwisuda datang bersama orang tuanya masing-masing. Sedangkan tamu undangan, diantaranya Kasi Pendidikan Madrasah dan Pejabat Pengawas Kementerian Agama, Komite serta undangan lain.

Dalam sambutannya, Kepala MAN Temanggung, Ali Masyhar, menyampaikan rasa syukur kepada Allah subhanahu wa ta’ala atas keberhasilan putra-putrinya MAN Temanggung. Ia juga menyampaikan permohonan maaf kepada para orang tua/wali siswa, bila selama putra-putri mereka belajar di MAN Temanggung merasa ada hal-hal yang mengganjal di hati akan tetapi pihak madrasah sudah berusaha semaksimal mungkin demi keberhasilan kegiatan belajar mengajar misalnya dengan melengkapi buku-buku perpustakaan, sarana praktikum IPA, komputer, laboratorium bahasa, alat-alat olahraga, sampai pada pendukung ekstra kurikuler seperti alat musik dan marching band, juga hotspot area yang memungkinkan siswa dan guru untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensinya. Ali Masyhar berharap agar para lulusan MAN Temanggung dapat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi atau dapat bekerja atau bahkan dapat membuka lapangan kerja setidaknya buat dirinya sendiri.

Ia berharap agar anak-anak yang pernah belajar di MAN Temanggung sukses semua. “Sukses akademik maupun sukses religius,” ujarnya.

Selain itu, Ali Masyhar juga memberikan laporan kelulusan bahwa siswa MAN Temanggung lulus 100 % dengan jumlah siswa 340 siswa.  Rinciannya, siswa yang dilepas dari Jurusan IPA 183 siswa, Jurusan IPS 96 siswa, Jurusan Bahasa 28 siswa dan Jurusan Keagamaan 33 siswa.  Lulus diterima jalur prestasi SNMPTN : 19 siswa, SPAN PTAIN 61 siswa, jumlah ada 80 siswa yang diterima melalui jalur prestasi.

Kelulusan para siswa-siswi yang wisuda ini sebelumnya telah mengikuti Ujian Semester (US), Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang sudah digelar beberapa waktu lalu.

Salah seorang guru di Madrasah Aliyah Negeri Temanggung, Anita Rini Madyo mengatakan, bahwa hampir dari seluruh siswa yang wisuda ini sudah mengikuti ujian masuk perguruan tinggi.

“Mereka mengikuti jalur  PDSS, Alhamdulillah, sebagian telah diterima di berbagai perguruan tinggi negeri. Mulai dari perguruan tinggi yang ada di Kaltim, Jawa dan Makasar,” kata Rini.

Pada acara ini disamping wisuda juga pengarahan dan sosialisasi hasil  Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) serta, diramaikan dengan berbagai pentas seni, mulai dari nasyid, dan  penampilan band yang seluruhnya dimainkan oleh siswa-siswi MAN Temanggung sendiri, tutupnya.(sr/Af)