Kota Semarang Selenggarakan Manasik Haji Serempak di 16 KUA

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Sebagai kelanjutan dari pelaksanaan manasik haji tingkat Kota Semarang yang dilaksanakan akhir pekan lalu, 16 Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan se-Kota Semarang melaksanakan manasik bagi Calon Jemaah Haji (CJH) tingkat kecamatan. Kegiatan berlangsung tanggal 9, 12, 16, 19, 22 dan 23 Juli bertempat di wilayah kecamatan masing-masing.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Semarang Ahmad Samsudin ketika ditemui di ruang kerjanya, Kamis (13/07) mengatakan, “Sesuai dengan petunjuk teknis pada tahun ini manasik haji tingkat kecamatan dilaksanakan 6 (enam) kali. Pelaksanaannya dilaksanakan secara bersamaan oleh 16 KUA kecamatan se-Kota Semarang. Untuk tempat, kami persilakan KUA masing-masing memilih menggunakan lokasi yang sesuai dengan situasi dan kondisi setempat.”

Ia menjelaskan, beberapa materi yang diberikan kepada CJH bertemakan, Kebijakan Pemerintah dalam Penyelenggaran Ibadah Haji, Kesehatan dalam Ibadah Haji, Pembentukan Karu Karom, Manasik Perjalanan, Hak dan Kewajiban, Niat Haji dan Umrah, Thawaf dan Sa’i, Praktek Ibadah haji, Wukuf Mabit dan Lontar Jamarat, Thawaf Ifadhah dan Haji Wada’, Pelaksanaan Arba’in serta Ziarah. Kepada CJH juga disampaikan materi tentang Akhlakul Karimah, Adat Istiadat Bangsa Arab dan Adab dalam Berhaji.

Narasumber yang akan memberikan materi terdiri dari Kakankemenag, Kasubbag TU, Kasi PHU, dari Dinas Kesehatan dan akademisi serta tokoh agama yang kompeten di bidang ibadah haji.

Manasik haji di Kecamatan se-Kota Semarang tahun 1438H/ 2017M diikuti oleh CJH dengan jumlah CJH dan lokasi manasik sebagai berikut, Kecamatan Banyumanik (207, di Masjid Al Ikhlas Kompleks KUA), Candisari (59, di Masjid Jami’ Jatingaleh), Gajahmungkur (46, di Masjid Baitul Muttaqin Sampangan), Tembalang (206, di Masjid Nurul Huda Bumi Wana Mukti), Semarang Timur (47, di Aula Puskesmas Halmahera), Semarang Utara (72, di Masjid Jami’ Hasanudin), Semarang Selatan (63, di Masjid Jami’ Lamper Tengah), Semarang Barat (141, di Masjid At Taqwa Jl Ronggolawe), Semarang Tengah (25, di Masjid Kampus Udinus), Pedurungan (437, di Masjid At Taubah Kompleks KUA), Gayamsari (61, di Masjid Al Ikhlas Jl Kanguru), Gunungpati (130, di Masjid Al Ijabah Kauman), Ngaliyan (228, di Masjid UIN Walisongo Kampus III), Mijen (76, di Masjid Istiqomah Wonolopo), Genuk (145, di Aula Kantor Kecamatan) dan Tugu (35, di Masjid Al Muttaqin Tugurejo).(ch/gt)