ASN Kemenag Ikut Sukseskan Gerakan Kebersihan, Ketertiban, dan Keindahan (K3)

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonogiri – Berbeda dengan hari jum’at biasanya yang ramai mengikuti senam kesehatan jasmani, ASN Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri berbaur dengan ASN pemerintah kabupaten, anak sekolah dan masyarakat ikut  Gerakan Kebersihan, Ketertiban, dan Keindahan (K3) di seluruh wilayah Kabupaten Wonogiri.

Gerakan ini dilaksanakan melalui beberapa kegiatan yang terbagi dalam tiga aksi, yakni Jum’at Bersih, Sabtu Hijau, dan Minggu Sehat. “Untuk Jum’at Bersih kegiatan yang dilakukan yaitu membersihkan area perumahan dari sampah, gulma dan sedimentasi, membersihkan drainase lingkungan dari sampah, dan melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk,” terang Kasubbag TU Kankemenag Wonogiri Haryadi, Jum’at (24/11).

Dalam aksi Jum’at Bersih, Pemkab Wonogiri juga mengajak masyarakat untuk melaksanakan pengelolaan sampah melalui pembudayaan pemilahan sampah organik dan anorganik, pengolahan melalui 3R (Reuse, Reduce, Recycle). Masyarakat juga diminta untuk tidak melakukan pembakaran sampah sebagai upaya pengendalian pencemaran udara dan pencegahan pemanasan global.

Kegiatan Sabtu Hijau, dapat diisi dengan kegiatan menanam tanaman peneduh atau perindang di lahan yang kosong, pemeliharaan dan penanaman tanaman penghijauan pada taman di area perumahan, serta menjaga dan menciptakan keberadaan ruang terbuka hijau perkotaan.

Sedangkan Minggu Sehat adalah waktu yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan dengan melaksanakan senam sehat, jalan sehat, maupun aktivitas yang lainnya. diharapkan, seluruh masyarakat Wonogiri dapat melaksanakan kegiatan ini demi terjaganya kelestarian lingkungan dan terciptanya kehidupan yang sehat.

Kegiatan yang diikuti ASN Kankemenag Wonogiri tersebut juga di gunakan ajang untuk bersih-bersih area perkantoran, memotong dahan pepohonan  di seputaran kantor.

“Kerja bhakti ini diharapkan mampu memupuk semangat kebersamaan di antara ASN Kemenag baik pejabat struktural maupun JFT dan JFU. Disamping itu pula kebersihan kantor dan lingkungan merupakan salah satu target dalam upaya peningkatan pelayanan terhadap masyarakat. Sehingga diharapkan keindahan, kerapian dan kebersihan akan senantiasa membawa dampak positif bukan hanya terhadap ASN, terlebih dalam bidang pelayanan kepada masyarakat kota gaplek bagi para pencari keadilan,” tandas Kasubbag TU (Mursyid_Heri/Wul)