Pengawas PAI, Terus Mengawal Mutu Pembelajaran PAI Online

Semarang – HM. Faojin selaku pengawas PAI SMK melakukan supervisi kepada Guru PAI SMK Mataram Semarang. Kedatangan beliau adalah kunjungan rutin sebagaiĀ  pengawasan yang mengacu pada unsur pembinaan dan pembimbingan. Supervisi yang dilakukan pada Selasa (19/1/21) untuk melihat lebih dekat kesiapan Guru PAI dalam pembelajaran online atau PJJ.

Kedatangan beliau disambut langsung oleh Kepala Sekolah SMK Mataram Sri Sugianto dan Guru PAI SMK Mataram. Dalam pesannya beliau mengingatkan kepada Guru PAI agar lebih kreatif dan bisa membuat inovasi saat PJJ agar siswa dalam pembelajaran tidak bosan. Faojin juga mengecek perangkat pembelajaran yang ada, ada beberapa hal yang dikoreksi dan perlu direvisi oleh Guru PAI utamanya RPP yang masih menggunakan model tatap muka.

Dalam supervisinya beliau menyoroti penggunaan media pembelajaran yang digunakan oleh SMK Mataram yaitu Google Clasroom yang dipadukan dengan aplikasi Zoom Meeting. Dia menilai pembelajaran Guru PAI SMK Mataram sudah sesuai dan sangat layak pada model pembelajaran online. Lebih lanjut Faojin juga sangat mengapresiasi langkah kreatif Kepala Sekolah yaitu Doa bersama lintas agama yang dilakukan setiap pagi di aula SMK Mataram. Bahkan beliau berkelakar SMK Mataram bisa menjadi contoh dan model sekolah pluralisme di Semarang ini.

“Supervisi dilakukan agar kondisi pekerjaan yang sedang dilakukan dapat diketahui kekurangannya untuk dapat diberitahu bagian-bagian yang perlu diperbaiki. Kegiatan ini akan rutin dan dipantau dalam beberapa minggu ke depan” katanya. Kemudian Ia berpesan agar Guru PAI bisa lebih mengawal kegiatan ibadah anak didiknya dalam pembelajaran online seperti saat ini.

M. Shofi, selaku Guru PAI SMK Mataram sangat bersyukur dan senang atas kunjungan dan supervisi yang dilakukan oleh Pengawas PAI. Beberapa kesalahan dan motivasi dari pengawas adalah spirit untuk membangkitkan kembali semangat bagi kinerja Guru PAI.

Dalam pesan Faojin mengingatkan agar Guru PAI mampu menjadi contoh dan role model bagi guru-guru lain di sekolah, dan menjadi inspirasi dalam hal ibadah dan ketaatan kepada Tuhan YME, smoga (m. ulin/faojin/rf)