Penilaian Hafalan PAI Berbantukan Media Video Call, Siswa Lebih Fokus

Sesuai jadwal pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam di SD IT Al Mawaddah pada hari Kamis (21/1) adalah  pembelajaran hafalan dengan agenda kegiatan penilaian hafalan PAI. Penilaian tersebut dilaksanakan dengan siswa siswi kelas 4A dengan didampingi oleh orang tua masing masing di rumah.

Menurut Lia Kurniawati Guru PAI SD IT Al Mawaddah Semarang melakukan penilaian hafalan menggunakan video call karena dirasa lebih bisa terfokus kepada siswa siswi secara individu saat pelafalan tugas hafalan yang diberikan. Proses pelaksanaan dalam penilaian hafalan berbasis video call tersebut yaitu guru menghubungi setiap siswa siswi secara individual dengan urut absen mulai dari absen pertama sampai absen terakhir. Siswa siswi saat pelaksanaan penilaian hafalan tersebut kebanyakan didampingi oleh orang tua masing masing, akan tetapi bagi siswa siswi yang orang tuanya bekerja, didampingi oleh kakek nenek ataupun saudara di rumah. Saat pelafalan hafalan, siswa siswi dengan memejamkan mata dan melafalkan apa yang sudah dihafalkannya.

Respon siswa siswi sangat antusias saat pelaksanaan kegiatan penilaian hafalan melalui video call, dibuktikan dengan siswa siswi sudah siap untuk di video call guru sesuai giliran absensinya, siswa siswi juga sudah sangat mempersiapkan hafalannya serta menerapkan kedisiplinannya dengan memakai seragam sekolah.

Alhamdulillah kegiatan tersebut berjalan dengan lancar sesuai yang diharapkan, meskipun di tengah tengah pandemi seperti ini, ungkap Lia panggilan akrab GPAI Lia Kurniawati. Penilaian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kemampuan hafalan anak anak dalam belajar pada masa pandemi. Anak anak kelas 4A yang melakukan penilaian hari tersebut berjumlah 28 siswa. Ada beberapa anak yang belum siap dalam menghafalkan tugas PAI, namun bagi guru PAI diberikan kesempatan untuk dapat menghafalkan pada hari berikutnya melalui video call. Harapannya agar anak anak memiliki rasa tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan oleh bapak/ibu guru dan bisa menerapkan dalam kehidupan sehari hari.

Proses penilaian ini terungkap dalam monitoring Pengawas PAI HM Faojin di SD IT Al Mawaddah Semarang yang dimulai pukul 08.30 Wib dengan penilaian berbantukan media video call secara satu persatu agar masing-masing siswa lebih fokus. Faojin selaku pengawas PAI memberikan arahan mengenai perangkat pembelajaran PAI daring dengan memberikan form yang harus diisi sesuai yang dilaksanakan di SD IT Al Mawaddah Semarang, agar kedepannya bisa lebih baik lagi.

Dalam kesempatan tersebut, beliau juga mengingatkan agar setiap hari semua bapak/ibu guru di SD IT Al Mawaddah Semarang melaksanakan kegiatan berdo'a bersama sebelum memulai aktivitas pembelajaran. Begitu juga Dia mengarahkan agar google meeting for education dari kemendikbud diaktifkan karena merupakan fasilitas yang diberikan pemerintah baik melalui Dinas maupun Kemenag untuk Pembelajaran di masa pandemi. Menurutnya bahwa “ google meeting lebih banyak manfaatnya dan memudahkan para guru dalam menyimpan dokumen dan penyampaian materi kepada siswa siswi”, tambahnya. Smoga semua sehat dan pembelajaran tetap berjalan sesuai rencana, amin.  (lia kurniawati/faojin)