Kakankemenag Bersilaturahmi ke PD Muhammadiyah Banjarnegara

Banjarnegara – Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara mengadakan kunjungan serta silaturahmi kepada Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Banjarnegara. Dalam acara silaturahmi ini, Kakankemenag, Agus Suryo Suripto didampingi oleh Kasi Pendidikan Agama Isla, M Subhan disambut baik oleh ketua Muhammadiyah, M Sobri dengan ramah di Ruang Rapat Muhammadiyah. (2/2).

Dalam sambutanya, Kakankemenag Kabupaten Banjarnegara, Agus Suryo Suripto menyatakan bahwa maksud dan tujuan silaturahmi ini adalah untuk memperkenalkan diri sebagai Kepala Kemenag yang baru dan untuk menjalin sinergitas antara Kementerian Agama dan ormas Islam yang ada di Banjarnegara.

“Kementerian Agama dan Muhammadiyah adalah dua organisasi yang memiliki tujuan yang sama yaitu melayani dan mengabdi kepada Umat, oleh karenanya amatlah penting untuk menjalin sinergitas agar pengabdian terhadap umat bisa maksimal dan tak lupa bahwasanya setiap ormas, khususnya Muhammadiyah pada dasarnya merupakan kendaraan untuk mengabdi kepada umat”, tambahnya.

Beliau juga menyatakan bahwa Kementerian Agama harus mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada Muhammadiyah, karena banyak sekali pekerjaan Kemenag yang dibantu dan diselesaikan oleh Muhammadiyah, dari mulai Pendidikan, Kesehatan dan tentunya pelayanan kepada Umat.

Sementara itu ketua Muhammadiyah Banjarnegara, M Sobri mengucapkan selamat datang, Ahlan Wa Sahlan di kaupaten Banjarnegara, semoga bisa betah dan membawa kemajuan bagi banjarnegara.

Ahlan merupakan Bahasa Arab yang artinya adalah keluarga, maka kami sudah mengganggap kepala Kemenag sebagai keluarga dan Sahlan memiliki arti kemudahan, pastinya dengan adanya silaturahmi ini akan banyak kemudahan-kemudahan yang didapat dalam memberikan pelayanan kepada umat”, jelasnya.

Beliau juga memberikan informasi mengenai keadaan Muhammadiyah di Banjarnegara. “Saat ini Muhammadiyah Banjarnegara mempunyai 26 cabang yang tersebar di 20 kecamatan, dan ranting Muhammadiyah berjumlah 196”, jelasnya

Sedangkan amal usaha Muhammadiyah dalam aspek pendidikan meliputi TK yang berjumlah 103, SD 108, Madrasah Ibtidaiyah sebanyak 65, Smp ada 4 sekolah, MTs ada 13, sma ada 2, smk 1, ma 1. Tidak cukup hanya itu, bahwa Muhammadiyah juga mempunyai 1 rumah sakit, 1 Klinik PKU, 1 klinik pratama dan terakhir mempunyai pondok pesantren sebanyak 6 orang.

Di akhir pertemuan slaturahmi ini, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banjarnegara berharap semoga sinergitas antara Kemenag dengan Muhammadiyah bisa terus berjalan sehingga bisa memajukan Kabupaten Banjarnagara. (ak/rf)