Kepala MAN 2 Banjarnegara Membuka Seleksi Anggota Tim Robotik

Banjarnegara-Kepala MAN 2 Banjarnegara, Ridlo Pramono membuka Seleksi Tim Robotik MAN 2 Banjarnegara, Rabu (24/2) di Ruang Multi Media. Ridlo menyampaikan apresiasi yang tinggi atas semangat peserta didik yang begitu antusias dalam mengikuti pemilihan atau perekrutan anggota Tim Robotik MAN 2 Banjarnegara ini.

“Antusiasme tinggi ini terlihat ketika peserta didik mempersiapkan diri dengan belajar dalam menghadapi seleksi ini. Robotik merupakan ekskul baru di MAN 2 Banjarnegara namun memiliki daya tarik tinggi meski dengan persyaratan akademik yang lebih bersaing,” imbuhnya

Ridlo berharap rekrutmen anggota tim robotik ini mampu menjaring peserta didik yang berkualitas yang bisa mengantarkan prestasi madrasah di bidang robotik.

Pembimbing Tim Robotik MAN 2 Banjarnegara, Sugianto mengungkapkan kegiatan seleksi yang diikuti 28 peserta ini akan diambil 7 peserta didik yang mendapatkan nilai hasil seleksi tertinggi.

“Peserta didik yang mengikuti seleksi didominasi dari peserta didik yang memiliki prestasi akademik tinggi dan dari peserta didik kelas riset. Pemilihan anggota tim robotik ini dilakukan dengan dua tahapan. Tahap pertama adalah seleksi tertulis. Seleksi tertulis materinya: pemrograman algoritma/logika berpikir memecahkan masalah. Sedangkan tahap kedua adalah dengan tes wawancara,” tambahnya.

Lebih lanjut beliau menyatakan bahwa dalam tes wawancara nanti juga memilih peserta yang lebih siap untuk bekerja sama dalam tim, karena dalam pembuatan robot, kerjasama yang baik sangat diperlukan untuk menghasilkan karya karya kreatif yang tersistem dan terprogram dengan baik. (ak/rf)