Masa Pandemi, Tuntut MGMP IPA Realisasikan Program Kerja Lebih Kreatif dan Inovatif

Banjarnegara – MGMP merupakan kegiatan yang harus dilakukan oleh Guru dalam pemenuhan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) terutama di unsur Pengembangan Diri (PD). Sekalipun di masa pandemic Covid-19 kegiatan ini tetap harus dilaksanakan karena tuntutan kompetensi Guru, walaupun dilakukan dengan cara virtual, demikian disampaikan Nurlaela Isnaeni, Pengawas MTs/MA saat Pembinaan dan motivasi Guru MTs Kab. Banjarnegara melalui MGMP IPA secara virtual Sabtu ini(27/2).

“Guru juga perlu kreatif dalam menyampaikan pembelajaran secara daring. Kondisi sekarang ini menuntut para pendidik untuk selalu berinovasi dimasa pandemi,” tambahnya.

Tidak ketinggalan Pengawas berpesan selain menyusun Program MGMP dengan tepat, diharapakan bisa tetap direalisasikan dengan berpedoman aturan serta di sesuaikan dengan kondisi.

Kegiatan MGMP pada kesempatan itu membahas tentang persiapan penyusunan kisi-kisi dan soal UM kelas 9. Nurlaela menegaskan personil yang menyusun kisi-kisi dan soal diharapkan berbeda. Selain disesuaikan dengan aturan yang berlaku, diingatkan bahwa dalam penyusunan soal harus mengacu pada pedoman yang ada dan mengambil materi essensi sesuai kurikulum darurat. Khususnya untuk kelas 8 semester genap dan kelas 9 pada tahun pelajaran 2020/2021.

Khamid selaku ketua MGMP dalam laporannya menyatakan, bahwasannya pelaksanaan program MGMP sudah sesuai   yang diharapkan. “Kecuali pertemuan rutin juga ada kegiatan- kegiatan yang diagendakan sesuai kebutuhan peningkatan kualitas guru, seperti seminar, pelatihan-pelatihan dan kegiatan penelitian, ungkapnya.

Pada akhir kegiatan disepakati bahwa penyusunan kisi-kisi soal UM akan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 1 Maret 2021 bertempat di MTsN 1 Banjarnegara (NL/Mnh/rf).