MTs N 2 Banjarnegara Terapkan E-Learning dalam Pelaksanaan PHT

Banjarnegara– Walaupun Penilaian Harian Tengah Semester (PHT) MTs Negeri 2 banjarnegara masih setengah bulan lagi, tapi sosialisasi penyusunan soal PHT dengan menggunakan aplikasi E-Learning sudah dipersiapkan jauh-jauh hari. Rapat Koordinasi digelar, menghadirkan semua guru dan pegawai didampingi team IT dalam penyusunan soal menggunakan aplikasi E-Learning pada Jumat, (26/02).

Rakor dilaksanakan di ruang guru bertujuan untuk pemantapan teknis pembelajaran, meng-upload soal PHT ke dalam aplikasi E-Learning juga membahas hal-hal teknis mengenai system pengisian konten materi di aplikasi e-learning masing -masing guru dan ke depan dijadikan sarana menejemen administrasi untuk semua guru MTs N Banjarnegara.

Kepala Madrasah, Ratna Ayu Kartika Wulan berharap agar semua guru nantinya menguasai aplikasi e-learning ini. ”Di masa pandemi ini pembelajaran belum bisa dilaksanakan secara luring, oleh karena itu aplikasi e-Learning ini menjadi alternatif pembelajaran secara daring, termasuk pelaksanaan penilaian harian tengah semester yang akan di laksanakan pertengahan bulan Maret nanti ”, ujarnya.

Koordinasi penyusunan naskah Soal PHT dipimpin Syarief Ahmad membahas masalah konten aplikasi E-learning yang sedikit ada perbaikan penyempurnaan dari sebelumnya.

“Sekarang saatnya bagaimana peran bapak ibu guru menyusun naskah soal agar ke depan dapat menerapkan pembelajaran menggunakan aplikasi E-Learning ini” tandasnya.

Sementara itu waka Kurikulum, Wangid Sunandar menyampaikan, agar pembimbing upload naskah soal PHT, dimohon untuk mendampingi semua guru mapel sampai soal-soal masuk pada aplikasi e-learning juga sekaligus melakukan pemantauan setelah mengerjakan PHT.

PHT dengan sistem E-Learning ini dirasakan cukup efektif dalam menjangkau semua siswa, dan hasil nilai PHT dapat terekam dengan cepat tanpa membutuhkan waktu untuk mengoreksi hasil PHT. “Harapan ke depan pelaksanaan PHT ini dapat menjadi media yang baku dalam mengukur kemampuan materi pelajaran siswa,” pungkasnya

Pada PHT semester ini ini meliputi 15 mapel dan masing masing mapel terdiri 30 soal, kecuali mapel IPA dan Matematika yang hanya 25 soal. Materi soal dibuat dengan bentuk multiple choice dengan empat option jawaban. Mudah-mudahan pelaksanaan PHT yang akan dilaksanakan pertengahan bulan Maret berjalan lancar tanpa ada hambatan yang berarti, jelas Nafis. (Reff/Nafis/Mnh/rf)