Penyuluh Agama Islam Lakukan Edukasi Penerapan Protokol Kesehatan Lewat RSPD

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonogiri – Masih di suasana pandemi covid-19 ini Seksi Bimas Islam Kankemenag Wonogiri kembali menugaskan Penyuluh Agama Islam di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri kembali melakukan penyampaian informasi dan dakwah Islam kepada masyarakat melaui RSPD Giri Swara Kabupaten Wonogiri.

Termasuk menyampaikan pesan atau edukasi kepada masyarakat/umat muslim untuk mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Kabupaten Wonogiri.

Seperti di ketahui bahwa Penyuluh Agama Islam mempunyai peran sebagai pembimbing masyarakat yang berkewajiban mendakwahkan Islam secara luas kepada publik, dimana Penyuluh Agama mempunyai peranan sebagai pembimbing masyarakat, panutan dan penyambung tugas pemerintah.

Hal tersebut di ungkapkan Kasi Bimas Islam Kankemenag Wonogiri, H. Nur Syahid di temui di ruang kerjanya, Rabu (03/02). Menurutnya penyuluh mempunyai fungsi yang sangat dominan dalam melaksanakan kegiatannya, yaitu Fungsi Informatif dan Edukatif, dimana Penyuluh Agama Islam memposisikan sebagai da’i yang berkewajiban menda’wahkan Islam, menyampaikan penerangan agama dan mendidik masyarakat dengan sebaik-baiknya sesuai ajaran agama. Untuk itu, media radio sangat positif membantu mensosialisasikan dakwah, terutama di pelosok desa.

Selain itu, sebagai sarana penyiaran agama, radio juga dapat memberikan rangsangan terhadap persepsi atau tanggapan dan tingkah laku bagi masyarakat sehingga dakwah akan sangat efektif melalui media elektronik tersebut.

“Media Radio harus dimanfaatkan untuk meningkatkan penyampaian berita, informasi, hiburan dan interaksi masyarakat, radio harus menjadi perekat komunitas dan dakwah sehingga mampu meningkatkan kualitas kehidupan agama serta kerukunan umat beragama dan bimbingan penyuluhan moral yang efektif termasuk penyampaian prokes pencegahan corona,” jelas Nur Syahid.

Mengingat beratnya tantangan yang harus dihadapi para penyuluh Agama Islam dalam melaksanakan dakwah saat ini menuntut adanya inovasi dan pemanfaatan teknologi Informasi sebagai media dakwah. Salah datu media yang dapat dimanfaatkan secara optimal oleh penyuluh Agama Islam adalah media radio. Seiring dengan perkembangan zaman, Radio banyak berperan dalam berbagai bidang salah satunya adalah dalam bidang dakwah.

Menurutnya penyuluh agama Islam harus berperan aktif dalam penyuluhan mental dan agama di masyarakat, sehingga berbagai cara untuk mencapai sasaran akan terus dilakukan, mengingat banyak media yang bisa digunakan untuk memberikan pencerahan, seperti diantaranya penyuluhan dakwah melalui radio secara on air langsung.

“Semoga program edukatif religius bisa di terima masyarakat di kota Gaplek dan bermanfaat untuk umat Islam wabah corona segrera hilang, sehingga kontribusi Kementerian Agama bisa di rasakan masyarakat dan mampu meingkatkan pemahaman keagamaan masyarakat,” harapnya.(Mursyid/Sua)