Bedah kisi-kisi ujian sekolah bersama penerbit Erlangga

Semarang – Dalam rangka menghadapi ujian sekolah tahun 2021 ini, MGMP PAI SMA dan SMK Kota Semarang berkolaborasi dengan penerbit Erlangga mengadakan kegiatan bedah kisi-kisi ujian sekolah baik ujian praktik ujian tulis. Kegiatan ini diikuti oleh semua guru agama SMA maupun SMK, Jum’at,(5/3/2021).

Acara yang dipandu oleh pembawa acara Amenah dari GPAI SMA 13 diawali dengan pembukaan, sambutan dari ketua MGMP SMA sambutan ketua MGMP PAI SMK dan penyampaian materi bedah kisi-kisi oleh Bapak Sadi dilanjutkan tanya jawab dan diakhiri dengan penutup atau doa.

Sambutan Ketua MGMP SMA, GPAI SMA Negeri 14  Muhammad Yusuf Setiaji menyampaikan,”Apresiasi terhadap keikutsertaan seluruh guru-guru SMA/SMK dalam kegiatan ini” . Sesuai dengan surat edaran Dinas Pendidikan Provinsi bahwa pelaksanaan ujian sekolah dilaksanakan pada tanggal 1 April hingga 20 April 2021. Namun demikian, sesuai kesepakatan MKKS untuk mapel PAI akan diselenggarakan lebih awal yaitu pada tanggal 29 Maret. Kemudian dalam rangka mempersiapkan ujian sekolah Kemenag provinsi Jawa Tengah telah menunjuk tim penyusun soal-soal us yang bisa dijadikan pedoman untuk melakukan penilaian ujian sekolah tingkat Jawa Tengah.

Distribusi soal Ujian Semester melalui beberapa tahapan yaitu dari tim penyusun kepada kasih bidang pendidikan Kemenag provinsi kemudian diserahkan ke dinas pendidikan Jawa Tengah selanjutnya akan di sampaikan kepada ketua MKKS yang selanjutnya di bagikan ke kepada kepala sekolah di sekolah masing-masing.

Ketua MGMP SMK  Rosidin, mengutarakan,” bahwa  dengan bedah kisi-kisi, di harapkan dapat menjadi acuan GPAI dalam hal pertama, membuat soal Ujian Semester PAI yang terukur dan  terarah sesuai kurikulum, kedua, Penyebaran KD soal yg lbh merata dan yang ketiga, mempermudah gpai dlm membuat soal2 yang valid”.

Di samping itu tingkatkan sinergitas antara penerbit dan GPAI sebagai pengguna buku  reverensi utk lbh menambah kualitas wawasan GPAI.

Acara inti Bedah Kisi-kisi Ujian sekolah oleh  Sadi, menyampaikan:

  1. Penyusunan soal US dan perangkatnya harus berpedoman dengan Juknis dari Kemenag Pusat;
  2. Mengapa perlu ada juknis ujian praktek dan ujian tulis, pentingnya ujian praktek pai BP  SMA SMK, pentingnya uji pengetahuan dan nilai sikap;
  3. Laporan pelaksanaan dan hasil ujian praktek dan ujian sekolah di masing-masing satuan berikan kepada Kasi Pais.

Semoga dengan dilaksanakan kegiatan ini, dapat menambah keakraban serta kesolidan Guru PAI tingkat SMA/SMK (yusuf/fao/HumasDM/bd)