IPPA MAN 1 Banjarnegara Juara Umum Favorit Maps Scouting

Banjarnegara – Ikatan Pelajar Pecinta Alam (IPPA) MAN 1 Banjarnegara dinyatakan sebagai juara umum favorit Lomba Maps Scouting yang diselenggarakan oleh Sekretariat Bersama Pecinta Alam Banjarnegara (SEKBER PAB), (27/3).

Jani Nurfudin, Pembina IPPA dalam keterangannya mengatakan bahwa lomba dilaksanakan pekan lalu bertempat di lapangan Desa Gemuruh, Kecamatan Bawang. Juara umum favorit diperoleh dari akumulasi nilai tertinggi semua team dalam satu sekolahan. Lebih lanjut, Jani menjelaskan bahwa Maps Scouting merupakan lomba yang baru pertama kali diadakan.

“Lomba Maps Scouting yang baru pertama digelar di Banjarnegara ini sebenarnya sama dengan cabang lomba Orientering. Dalam lomba ini, team peserta harus berpacu dengan waktu untuk menyelesaiakan tugas yang ada di pos-pos sebagaimana ditunjukkan dalam peta. Team harus mengumpulkan poin sebanyak mungkin dan tepat waktu menuju finish. Ini sangat membutuhkan ketangkasan, strategi dan fisik yang prima,” jelasnya.

Kegiatan ini merupakan rangkaian acara Napak Tilas Route Gerilya Banjarnegara Berjuang Periode XXVII. Biasanya kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun bertepatan dengan peringatan hari pahlawan.

Mughni Zaenal Mukhtar, Ketuan IPPA MAN 1 Banjarnegara merasa bangga dengan perolehan prestasi yang tidak instan ini.

“Saya bersama teman-teman merasa bangga dapat menyumbangkan gelar juara umum favorit di even ini. Ini semua adalah kerja keras team dan untuk mencapai prestasi ini tidaklah instan. Kita perlu persiapan dan kerja keras serta kesungguhan,” terangnya (j/ak/rf)