Belajar Menjadi Pemimpin yang Baik, Dimulai Melalui OSIM

Banjarnegara – Hari terakhir LDK OSIM MTs N 1 Banjarnegara bertempat di Aula Madrasah Sabtu (10/4) peserta menerima materi kepemimpinan. Pentingnya kepemimpinan sebagai bekal menjalankan program kerja OSIM MTs N 1 Banjarnegara satu tahun ke depan.

Dalam sebuah organisasi tentunya memiliki struktur organisasi dan sebagai pemimpin organisasi ketua OSIM memiliki peran penting dalam menaungi anggota-anggotanya. Mulai dari memimpin rapat, menampung pendapat para anggota, berkoordinasi dengan pembina, dan mengambil keputusan hasil diskusi.

Mukhamad Abror alumni MTs N 1 Banjarnegara tahun 1992 yang saat ini mengampu pelajaran bahasa arab di MAN 1 Banjarnegara menyampaikan materi kepemimpinan kepada paeserta LDK. Sembari bernostalgia menyampaikan poin-poin penting dalam kepemimpinan.

“Menjadi pemimpin tidak hanya kepemimpinannya saja yang harus baik tapi juga akhlak dan budi pekertinya juga harus baik. Pemimpin itu tidak harus memiliki kebenaran mutlak, artinya keputusan-keputusan yang diambil oleh seorang pemimpin berdasarkan diskusi-diskusi yang dilaksanakan dengan anggota pengurus lain,” tuturnya.

Tidak hanya diperuntukkan untuk ketua OSIM saja materi kepemimpinan ini juga harus diketahui oleh anggota pengurus OSIM lainnya. Menjadi pemimpin harus bisa mengayomi anggotanya.

Permasalahan yang yang terjadi dalam organisasi harus didiskusikan dengan anggota pengurus OSIM juga dengan pembina. “Hal ini dilakukan untuk menghindari miskomunikasi antara pengurus, anggota, dan pembina. Berlatih berorganisasi berarti berlatih bermasyarakat,” tegasnya.

Pengurus OSIM dilatih bagaimana menghadapi permasalahan-permasalahan yang merupakan miniatur permasalahan yang terjadi di masyarakat. (Rizki/mnh/rf)