Dukung Program Tahfidzul Quran, MTs Andalusia Optimalkan Peran Wali Kelas

Banjarnegara – MTs Andalusia sebagai bagian dari Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Andalusia mendukung program Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren. Dukungan ini diwujudkan dengan pengoptimalan peran wali kelas dalam mendampingi para siswa melakukan murojaah hafalannya.

Mujianto, Waka Kurikulum MTs Andalusia menyebutkan bahwa wali kelas memiliki peran penting dalam mendampingi para siswa yang juga merupakan santri pondok pesantren dalam menghafal kembali hafalan yang sudah mereka setorkan kepada ustadz dan ustadzah.

“Karena di sini adalah pondok pesantren tahfidzul qur’an, maka salah satu program yang kita dukung tentu adalah program hafalan qur’annya,” ungkap Mujianto, Selasa (13/4).

Setiap wali kelas harus mendampingi siswa kelasnya untuk tadarus pagi sebelum mengikuti pelajaran pada jam pertama. Kegiatan tersebut diawali dengan berdoa bersama kemudian membaca asmaul husna dan dilanjut dengan murojaah hafalannya.

Mujianto mengungkapkan bahwa dengan kegiatan murojaah di pagi hari diharapkan para siswa dapat meningkatkan kemampuan hafalannya sehingga mereka dapat menjadi hafidz dan hafidzoh yang mampu menjaga hafalannya.

“Jadi pagi hari sebelum siswa mengikuti pelajaran, wali kelas akan masuk kelas untuk menyimak dan mendampingi mereka murojaah. Ini adalah bentuk dukungan dari MTs terhadap Pondok,” imbuhnya.

Menurut Mujianto sebagai bagian dari YPI Andalusia maka sudah sepatutnya terjadi sinergi yang baik antara MTs dan Pondok sehingga nantinya YPI Andalusia dapat melahirkan siswa-siswi yang tidak hanya berkualitas di bidang akademik tetapi juga dalam hafalan qur’annya. (sy/ak/rf)