MI Futuhiyyah Palebon gelar Khotmil Qur’an dan Imtihan Ke II, Jelang Bulan Suci Ramadan 1442 H/2021 M

Semarang – Pandemi Covid – 19 masih mewabah dan belum usai, namun semangat belajar anak – anak MI. Futuhiyyah Palebon tidak pernah kendor. Siswa – siswi yang mendapatkan Pembelajaran tambahan membaca Alquran disetiap harinya baik secara tatap muka pada saat sebelum Pandemi dan juga secara virtual pada saat pandemi, di bulan Sya'ban ini mereka mengejar untuk bisa mengikuti EBTAQ (Evaluasi Belajar Tahap Akhir Al Qur'an).

Alhamdulillah ke 5 anak yang maju mengikuti EBTAQ, semuanya dinyatakan lulus oleh Tim penguji dari Qiro'ati.ke 5 siswa – siswi MI. Futuhiyyah Palebon tersebut yaitu; Arinal Haq, Aufa Satya Ardhani, M. Lathiful Mubarok, Ananda Ecca Nurul Hidayah dan Naraya Kenzabrina Syafira Rahmadani dinyatakan lulus, Kemudian MI. Futuhiyyah Palebon menggelar acara KHOTMIL QUR'AN DAN IMTIHAN TERBUKA yang sekaligus untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan 1442 H

Acara tersebut dilaksanakan secara sederhana yang bertempat di MI Futuhiyyah Palebon, dimana hanya dihadiri sekitar 40 orang saja, yang terdiri dari Pengurus Yayasan Pendidikan Islam Futuhiyyah Palebon, Ketua Komite, Koordinator Qira'ati (Abah Khudhori dan Umi Hj. Azizah Dahlan Zarkasyi), seluruh asatidz/dzah serta perwakilan tokoh masyarakat dan perwakilan wali Murid, Sabtu, (10/4).

Dalam acara tersebut, dibacakan Khatmil Qur'an bil ghoib, dimulai surat Ad Dzuha sampai dengan An nas dan diakhiri dengan do'a oleh 5 anak yang lulus EBTAQ. Setelah selesai pembacaan Khatmil Qur'an dilanjutkan dengan imtihan terbuka yang dipandu oleh Ustadzah Dewi Imut Akhiroti, dengan cara seluruh tamu undangan dipersilahkan untuk bertanya kepada peserta imtihan dengan pertanyaan seputar tajwid, Gharib, dan bacaan Al Quran.

Alhamdulillah seluruh pertanyaan yang ditanyakan oleh para tamu undangan bisa dijawab dengan baik dan benar oleh peserta imtihan, bahkan ada tamu undangan yang langsung memberikan hadiah, karena pertanyaan yang diajukannya bisa dijawab dengan baik dan benar oleh peserta imtihan.

Dalam sambutannya Slamet Agus Wahid selaku Kepala MI Futuhiyyah Palebon mengatakan, “Dalam rangka untuk mendalami bacaan Al Qur'an, MI. Futuhiyyah Palebon bekerja sama dengan pihak Qiro'ati, memberikan jam tambahan belajar membaca Al Qur'an kepada siswa – siswi disetiap harinya”, tutur Agus Wahid.

Diberikannya jam tambahan pelajaran tersebut, diharapkan siswa siswi yang lulus dari MI. Futuhiyyah Palebon tidak hanya sekedar bisa membaca Al Qur'an, tetapi juga harus bisa mengerti dan bisa membaca dengan fasih, baik itu makharijul khuruf, tajwid, bahkan bacaan Gharibnya.

Sementara itu Abah Khudhori selaku koordinator Qira'ati mengucapkan,”Selamat atas keberhasilan siswa siswi MI Futuhiyyah Palebon yg telah lulus EBTAQ sehingga berhak mendapatkan Ijazah dari Qiro'ati”, ucap Abah Khudhori.

Diharapkan setelah lulus EBTAQ anak anak bisa terus mengkaji Al Qur'an dan mendalami isinya, sehingga Al Qur'an betul betul menjadi pedoman dalam kehidupannya.

“Saya sangat bersyukur, anak saya sekolah di MI. Futuhiyyah Palebon, karena tidak hanya bisa belajar ilmu ilmu umum, tetapi juga bisa mengkaji ilmu Al Qur'an dengan baik”, ucap Farichin salah satu wali murid sembari merasa terharu dan diliputi dengan rasa bahagia.

“Dan semoga anak anak yang belajar di MI. Futuhiyyah Palebon menjadi putra putri yang sholih dan Sholihah”, imbuhnya sembari berdo'a.

Diakhir acara ,dilanjutkan dengan penyerahan Ijazah dari Qiro'ati oleh Kepala Madrasah dan do'a. (AgusW/HumasDM/bd).