Monev, Kemenag Pastikan UM Berjalan Sesuai SOP

Kendal – Pekan kedua pelaksanaan ujian madrasah jenjang Aliyah, Kepala Sub Bag TU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2021 di MA NU 02 Muallimin Weleri, Rabu (7/4).

Dijelaskan Kasubbag TU, Mokhamad Bajuri bahwa monitoring dan evaluasi yang dilakukan ini adalah bagian dari kegiatan pemantauan dan evaluasi terhadap madrasah-madrasah penyelenggara ujian. Selain itu, monitoring dan evaluasi merupakan salah satu poin penting dalam setiap kegiatan ujian, apakah itu semester, ujian madrasah maupun ujian nasional. Hal ini bertujuan untuk memantau, memastikan pelaksanaan kegiatan tersebut berjalan baik, lancar atau tidak.

“Melalui monev ini kita bisa mengetahui dan mengevaluasi jika ada kendala-kendala yang terjadi. Kemudian bisa untuk perbaikan pada pelaksanaan berikutnya,” ungkapnya.

Kegiatan UM di MA NU 02 Muallimin Weleri berlangsung sejak tanggal 29 Maret s.d 10 April mendatang. Dengan jumlah siswa sebanyak 19 anak yang dibagi menjadi dua ruangan, ujian madrasah berlangsung tatap muka dengan bentuk ujian tertulis.

Sementara itu Kepala MA NU 02 Muallimin Weleri, Warno melaporkan pelaksanaan ujian madrasah dilaksanakan dengan tetap memperhatikan kondisi dan kebutuhan madrasah. Dirinya mengungkapkan, kegiatan ujian madrasah menggunakan ujian berbasis kertas dan pensil.

“Semua proses dan pelaksanaan ujian madrasah tetap mengacu pada standar covid yakni protokol kesehatan. Dengan memperhitungkan kebutuhan dan kondisi madrasah, kami malaksanakan UM secara tertulis,” terang Warno.

Harapannya dengan pelaksanaan monitoring dan evaluasi ini pelaksaan ujian apapun yang diselenggarakan oleh madrasah, dapat berlangsung dengan baik karena ini akan menjadi citra dan cerminan wajah Kementerian Agama. (bel/rf)