Nurul Juara Tiga MTQ Islamic Festival 2021 Kranial Nasional

Semarang – Nurul Fitriyah, siswa MAN 2 Kota Semarang meraih juara ke tiga pada Islamic Festival di Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya, Jawa Timur (28/03/2021). Kompetisi terdiri dari essay, videografi, Nasyid, MTQ, Poster dan Kaligrafi dengan tema KRANIAL (Karya Remaja Islam di Era Milenial) untuk siswa SMA/MA sedrajat. Nurul yang mengikuti lomba MTQ berhasil mengungguli peserta lain yang jumlahnya puluhan dari siswa yang tersebar di seluruh Indonesia dan berhak mendapatkan piala dan uang pembinaan.

Sebelum mengikuti lomba MTQ di UHT, Nurul telah banyak menjuarai di berbagai lomba di tingkat Kota Semarang. Menurut Irfai, Wakil Kepala Bagian Kesiswaan menuturkan ” Prestasi anak didik ini cukup membanggakan karena mampu mengharumkan nama madrasah di tingkat kota Semarang dan Jawa Tengah, bahkan nasional dan di setiap kegiatan formal di madrasah, Nurul menjadi langganan sebagai pembaca kitab suci al-Qura’an.” ucap irfangi

Keberhasilan ini membuktikan keseriusan madrasah dalam membimbing siswa di masa pandemi covid-19 agar mampu membaca al-Quran dengan seni dan tartil. Kesusksesan ini juga didukung oleh semangat para guru al-Quran dalam membimbing para siswa agar mahir membaca al-quran dan lagunya. ”Harapan kami prestasi ini dapat memacu semangat siswa lain untuk terus belajar dan meraih prestasi, sekaligus membawa nama baik madrasah” imbuh Irfai.

Menurut staf Kesiswaan Imam Malik, sekaligus pembimbing minat bakat siswa menjelaskan “ Sebelum lomba, Nurul telah di bimbing secara intensif karena pelaksanaan lomba tidak dengan tatap muka namun dengan cara mengirim hasil rekaman membaca al-Qur’an dengan surat dan ayat yang sudah di tentukan dan di kirim ke panitia. Kemudian panitia memasukkan rekaman seluruh peserta di instagram, sehingga semua juri, peserta bisa melihat dengan jelas dan hasil dari lomba. Alhamdulillah, Nurul mendapatkan juara ke tiga. (Ahmad Riyatno-bd)