Pemetaan Siswa, MIMAU Joyoksumo Gelar Uji Kompetensi Calon Peserta Didik Baru

Berhubung berita yang dikirim melebihi batas waktu yg ditentukan, mhn maaf tidak kami publish….

 

Banjarnegara – Uji kompetensi calon peserta didik baru merupakan salah satu proses yang dilakukan oleh Panitia PPDB MI Maarif Al Falah Joyokusumo Parakancanggah – Banjarnegara T.P 2020-2021. Berbeda dengan tahun kemarin, saat mewabahnya pandemi covid 19 Uji Kompetensi ditiadakan. Tahun dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan materi uji lebih sedikit dan lebih mudah berupa materi esensi saja.

Jenis Uji kompetensi dilasakanan Minggu ini(4/4), meliputi bidang membaca, menulis, berhitung, menyanyi, mewarnai serta membaca Qiraati bertempat di Aula madrasah MIMAU Joyokusumo.

“Wali murid tidak perlu khawatir, uji kompetensi ini untuk mengetahui atau mengukur kemampuan awal siswa, sehingga nantinya guru yang akan mengajar lebih mudah memetakan tingkat kompetensi akademis siswa juga mengetahui bakat & minat siswa” jelas Wahyul Khomisah selaku Kepala Madrasah kepada calon walimurid.

Sebelum memasuki ruang uji kompetensi, calon siswa kelas I ini mendapatkan kartu uji kompetensi, yang ditunjukkan setiap memasuki pos bidang – bidang tertentu. Selesai mengerjakan soal uji kompetensi, baru ditandatangai penguji.

“Terlihat tidak ada satupun siswa yang panik ataupun tegang karena para penguji dengan ramah, murah senyum dan pandai menghibur siswa sehingga mereka sangat menikmati alur yang ditentukan. Apalagi setelah semua pos dilalui mereka mendapatkan hadiah balon dan coklat kesukaan mereka,” ungkapnya.

Sementara menunggu putra – putrinya melaksanakan Uji Kompetensi, walimurid mengikuti Islamic Parenting diruang yang berbeda. Kepala madrasah memaparkan bahwa anak adalah investasi paling berharga, memiliki anak yang sholih – sholihah adalah harapan semua orang tua.

Saat orang tua berinvestasi pendidikan bagi putra – putrinya, kemudian anaknya konsisten berbuat baik hingga orang tuanya wafat, maka nilai kebaikan dan pahalanya akan dirasakan oleh orang tua. Investasi ilmu adalah investasi yang sangat penting yang akan dirasakan kebaikannya hingga kehidupan ini berakhir.

“Alhamdulillah, kebanggaan yang saya rasakan putri sulung saya alumni MI Joyokusumo yang saat ini di pesantren Pandanaran, berbekal ilmu Al Qur’an dari MI, anak saya lebih mudah beradaptasi dan lebih cepat menghafal Al Quran sehingga anak saya yang kedua saya percayakan kembali di MI Joyokusumo, semoga Uji Kompetensinya mendapat nilai yang memuaskan”, ungkap Andan Priyono walimurid dari Binorong.

Ketua PPDB, Endro Prasetyo menyampaikan terimakasih kepada seluruh guru yang bertugas dan bekerjasama dengan baik dan penuh tanggung jawab sehingga uji kompetensi ini berjalan dengan lancar dan sukses serta meriah. Kegiatan ini ditutup dengan foto bersama guru dan calon peserta didik baru. (WK/mnh)