Pendidikan Karakter dan Kepribadian, Bekal Pengurus OSIM Baru MTs N1 Banjarnegara

Banjarnegara – Pendidikan karakter dan kepribadian merupakan hal yang sangat penting diterapkan di lingkungan sekolah. Siswa-siswi perlu dibekali pendidikan karakter dan kepribadian supaya memiliki karakter dan kepribadian yang baik.

Selain itu, dalam naungan madrasah siswa-siswi MTsN 1 Banjarnegara juga dituntut memiliki akhlak mulia. Sesuai dengan visi MTsN 1 Banjarnegara yaitu terwujudnya generasi yang islami, cerdas, dan peduli.

Penyampaian materi pendidikan karakter dan kepribadian disampaikan oleh BK MTsN 1 Banjarnegara-Nasiah Ningrum. Nasiah menyampaikan bahwa pendidikan karakter dan kepribadian merupakan pembentukan sikap, watak seseorang yg mengarah pada perilaku baik, unggul, sholih yg sifatnya relatif permanen.

Materi pendidikan karakter dan kepribadian ini disampaikan kepada siswa OSIM dalam acara LDK OSIM Tahun Pelajaran 2020/2021 (8/4) di Aula Madrasah dan diikuti 25 peserta OSIM baru.

“Beberapa faktor yang mendorong terhadap pendidikan karakter dan kepribadian dan kepribadian diantaranya dari diri sensiri, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah/madrasah, lingkungan masyarakat, dan dari alat komunikasi informasi,” jelas Ibu Nasiah dalam penyampaian materi.

Dengan aktif dan kreatif mengoptimalkan diri melalui kegiatan-kegiatan OSIM diharapkan bisa menerapkan pendidikan karakter dan kepribadian. Selain di sekolah/madrasah penerapan pendidikan karakter dan kepribadian di lingkungan masyarakat bisa melalui kegiatan organisasi remaja masjid dan organisasi masyarakat lainnya.

Wujud kepedulian yang bisa diterapkan dari pendidikan karakter dan kepribadian pada kegiatan LDK OSIM ini yaitu dengan mengenalkan mars dan hymne MTsN 1 Banjarnegara. Pengenalan mars dan hymne ini dupandu langsung oleh Ibu Amri Inayati selaku guru seni budaya. Dalam mars dan hymne MTsN 1 Banjarnegara berisi ajakan mencintai MTsN 1 Banjarnegara, semangat belajar, dan bertakwa.

Melalui pendidikan karakter dan kepribadian ini diharapkan peserta LDK OSIM bisa menyosialisasikan kepada para siswa MTsN 1 Banjarnegara ke depannya. Setelah mendapat materi pendidikan karakter dan kepribadian ini juga hendaknya diterapkan dalam lingkungan sekolah/madrasah dan lingkungan masyarakat. (Risqy/mnh/rf)