Program Khotmil Qur’an di Mijen Meningkat Semangat Kinerja

Semarang –  Menindaklanjuti program Kemenag tentang tradisi mengaji, maka KUA Kecamatan Mijen kota Semarang melaksanakan kegiatan Khotmil Quran setiap selapan sekali yaitu pada hari Jumat Kliwon.

Kegiatan ini digelar bersama KUA dan jajarannya yaitu kepala, penghulu, penyuluh PNS dan non PNS, P2JS serta anggota binaan ekonomi produktif dari para mustahik pada Jumat (9/4) yang lalu dengan tempat kegiatan dilaksanakan dengan cara anjangsana dari rumah ke rumah anggota pengajian. 

Azmi selaku kepala KUA Mijen menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai dakwah dan sekaligus suri tauladan serta sosialisasi gerakan pentingnya mengaji Alquran bagi seorang muslim. 

Senada dengan itu Zahratun Nisa, selaku penyuluh agama Islam menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat berpengaruh positif bagi anggota pengajian, selain sebagai ajang silaturahim sehingga saling mengenal antar keluarga juga berpengaruh terhadap semangat kinerja di KUA.

“Suasana keakraban dalam kebersamaan ternyata memberi efek positif pada bidang pekerjaan,” tambah Nisa.

Selain Khotmil Quran kegiatan ini juga ada kajian Kitab Al Ibris yang diampu oleh Baidhowi dan sekaligus memberikan mauidoh Hasanah. Kegiatan ini juga merupakan ajang konsolidasi dan koordinasi KUA dan jajarannya. Diadakan pula pembinaan terhadap binaan ekonomi produktif para mustahik.

Dalam pertemuan ini selain mendapatkan arahan dan evaluasi, anggota binaan juga membuka tabungan infaq harian dan dihitung, kemudian dikumpulkan di salah satu dari anggota binaan dengan progres untuk memberi modal kepada mustahik berikutnya yang diusulkan oleh mereka sendiri” pungkas Nisa. (Kaefahmi/bd)