Siswa MTs Negeri 2 Kota Semarang Raih Juara 3 English Speech Contest Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Semarang- Senin (12/4), siswa MTs Negeri 2 Kota Semarang, Muhammad Hildan Evan telah meraih prestasi Speech Contest dalam ajang lomba SMAHAFEST 2021 SPECTAONDEMIC SMA ISLAM HIDAYATULLAH.

Pada kesempatan kali ini karena adanya pandemic virus corona, maka semua kompetisi harus dilakukan secara daring, sehingga kompetisi speech yang diikuti oleh Evan pun juga mengharuskannya untuk menggunakan system Online Speech Competition.

Tema yang diangkat dalam kompetisi ini adalah “Appying Replacement Of Conventional Book Info Unlimited Access E-Books”. Pada kompetisi online speech ini diikuiti oleh seluruh peserta dari seluruh Jawa Tengah khususnya jenjang SMP/MTs. Online speech contest memiliki mekanisme yaitu dibagi menjadi dua babak, babak pertama adalah online video submission speech competition. Jadi pada babak pertama atau babak penyisihan, para peserta diharuskan untuk membuat video speech mereka dengan memilih satu tema dari tiga tema yang telah disediakan oleh panitia. Peserta diharuskan untuk menyampaikan speech dengan durasi maksimal 5 menit dengan tampilan video harus menampakkan tubuh, setelah peserta membuat video speech mereka, peserta diwajibkan untuk mengirimkan video speech tersebut ke youtube masing – masing dengan caption dan hashtag yang telah ditentukan dalam Guide Book lomba yang telah ditentukan.

Setelah seluruh peserta mengirimkan dan mengumpulkan video preliminary speech mereka sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan sebelumnya, para peserta akan menunggu pengumuman siapa saja yang akan masuk kategori juara 1, 2, 3 Speech Competition yang dinilai oleh juri pada tanggal 3-8 April. Pada pengumuman juara, Evan lolos menjadi juara terbaik ketiga kompetisi tersebut.

Pelatih Nurfaiq dan yuni listiyanti mengatakan bahwa, “evan adalah kali pertama mengikuti lomba dan mendapatkan juara 3, tentunya masih banyak kekurangan dan pengalaman lomba”. Walau kendala seperti itu, evan tetap semangat mengikuti lomba untuk membawa nama harum MTs Negeri 2 Kota Semarang,”tuturnya.
Melalui capaian prestasi ini, kami berharap semoga evan mampu memberikan motivasi serta semangat kepada semua siswa-siswi Mts Negeri 2 Kota Semarang untuk terus berkarya meskipun dalam situasi pandemi,”imbuhnya. (Mursyid/bd)