Sinergi Dengan Satgas Covid, KUA Madukara Siap Kampayekan Hidup Sehat

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Madukara bersama Satgas Covid Kecamatan Madukara berkordinasi, berkolaborasi, bekerjasama menyusun rencana kegiatan Kampaye hidup Sehat di Kecamatan Madukara, kordinasi dilakukan di KUA Madukara, Selasa (18/05/21).

Kegiatan kordinasi ini dilaksnakan dalam rangka evaluasi penanganan penyebaran Covid-19 di Kecamatan Madukara sekaligus halal bihalal secara sederhana dan terbatas karena kordinasi dilaksanakan masih dalam suasana lebaran / Idhul Fitri 1442 H/ 2021M.

Hadir pada kesempatan tersebut Camat Madukara, Kapolsek Madukara, Kepala KUA Madukara, perwakilan dari Koramil Madukara, Kepala KUA, Penyuluh Agama Islam Fungsional (Paif) Madukara serta beberapa personil satgas dari unsur kesehatan, Kepolisian dan TNI. Purwanto, Camat Madukara selaku Ketua Tim Satgas Covid Madukara mengantarkan kordinasi dengan menyampaikan ucapan terima kasih serta apresiasi yang tinggi kepada seluruh anggota tim yang sudah bersama sama bekerja keras dalam menanggulangi penyebaran virus Covid-19.

“Tahun ini adalah tahun kedua kita semua melaksanakan ibadah puasa Ramadlan dan berlebaran dalam masa pandemi, kami sampaikan terima kasih kepada semuanya yang sudah bahu membahu mengedukasi masyarakat akan pentingnya penerapan protokol kesehatan di masa pandemi pada semua kegiatan termasuk kegiatan ibadah, tidak lupa dalam suasana Syawal ini kami secara pribadi dan kedinasan menyampaiakan ucapan selamat Idhul Fitri mohon maaf lahir dan batin,” ucapnya.

Masih menurut Purwanto, bahwa saatnya kini kita harus kampayekan hidup sehat mengingat masyarakat sudah mulai ada yang mengabaikan protokol kesehatan pada kegiatan atau interaksi soaial yang dilakukan. Padahal diakui atau tidak pandemi Covid-19 belum selesai. “Kita harus senantiasa waspada terhadap penyebaran virus, selalu menerapkan protokol kesehatan pada pelaksanaan kegiatan, dengan melaksanakan 5 M,” ungkapnya.

Senada dengan Camat Madukara, Moh. Saofurohman, Kepala KUA Madukara juga menekankan pentingnya mengikuti himbauan para pemangku kebijakan di pemerintahan terkait dengan pencegahan atau penanggulangan penyebaran Covid-19. “Menjadi kewajiban kita semua untuk melaksanakan himbauan pemerintah terkait dengan pelaksanaan kegiatan termasuk pelaksanaan peribadatan di masa pandemi,” tegasnya.

Sementara Hasan, Kapolsek Madukara menyatakan akan menindak tegas masyarakat dan aparatur pemerintahan yang tidak memberitan contoh yang baik dalam penanganan Covid-19. “kita akan bersikap tegas kepada semua saja yang mengabaikan himbauan pemerintah atau melanggar aturan yang berlaku terkait penanganan pandemi, tentunya dengan prosedur yang dibenarkan,” terangnya.

Pada kesempatan tersebut di sepakati bersama untuk masing masing instansi melaksanakan kampaye hidup sehat kepada masyarakat, KUA mengkampayekan melalui para Penyuluh Agama Islam, TNI – Polri melalui Babinsa dan Babinkamtibmas serta Kesehatan dan kecamatan sesuai dengan kebijakan masing-masing. Kordinasi diakhiri dengan doa yang dipimpin Kepala KUA dan diteruskan saling bermaaf maafan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan tanpa bersalaman. (akho/ak/rf)