Penambahan Tempat Wudu Sebagai Penunjang Kegiatan Ibadah Shalat di MTs Ma’arif Mandiraja

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – MTs Ma’arif Mandiraja Kabupaten Banjarnegara kembali menambah sarana tempat wudu untuk dewan guru dan peserta didik guna menunjang kegiatan ibadah shalat wajib maupun sunah terutama shalat Zuhur dan shalat Dhuha.

Barokatumminalloh selaku kepala Madrasah menyatakan, penambahan tempat wudu tersebut guna memperlancar kegiatan shalat jama’ah Dzuhur dan shalat jama’ah Ddhuha yang telah terprogram di MTs Ma’arif Mandiraja dan membuat nyaman bagi pengguna tempat wudlu di lingkungan MTs Ma’arif Mandiraja.

“Selain itu juga untuk menunjang sarana prasarana yang dimiliki oleh MTs Ma’arif Mandiraja serta meningkatkan kebersihan dan Green School di lingkungan MTs Ma’arif Mandiraja,” jelasnya pada Jumat (25/6)

Sementara itu, Busrol Karim selaku guru agama di MTs Ma’arif Mandiraja menyatakan, penambahan tempat wudu tersebut sangat berguna dan bermanfaat bagi dewan guru dan peserta didik dalam rangka untuk persiapan ibadah jama’ah shalat Zuhur dan shalat Dhuha, selain itu dapat digunakan sebagai sarana bersuci/berwudlu sebelum pelaksanaan tadarus Al-Qur’an.

“Adanya penambahan tempat wudlu tersebut juga dapat digunakan sebagai sarana pendidikan dalam praktik langsung materi Thaharah atau bersuci dalam mata pelajaran Fikih serta mata pelajaran Ketrampilan Agama,” tambahnya

“Sarana tempat wudlu merupakan sarana penunjang ibadah yang sangat diperlukan oleh setiap lembaga pendidikan terutama di Madrasah-madrasah. Karena adanya tempat wudlu sekaligus sebagai tempat praktik Thaharah, dengan harapan setiap peserta didik mampu mengaplikasikannya secara baik dan benar dengan memahami syarat-syarat dan rukun dalam setiap materi Thaharah. Sehingga dapat mewujudkan peserta didik dengan nilai-nilai religius yang tinggi,” pungkasnya. (ak/jm/rf)