DWP Kemenag Banjarnegara Ikuti Doa Bersama Untuk Keselamatan Bangsa

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Dalam rangkaian Tahun Baru Islam 1443 H dan peringatan HUT Kemerdekaan RI  ke 76, Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara mengikuti kegiatan doa bersama secara virtual melalui aplikasi Zoom yang diselenggarakan oleh DPW Kementerian Agama Pusat, (13/8/2021).

Adapun kegiatan ini diikuti oleh Penasehat DWP Kemenag RI, Hj. Eny Yaqut Cholil Qoumas dan Ketua DWP Kemenag RI, Farikhah Nizar. Hadir sebagai undangan DWP PTKN, DWP Kanwil Kemenag Provinsi, DWP Kankemenag Kab/Kota, DWP UPT Asrama Haji, DWP Balai Diklat Keagamaan dan Balai Litbang Agama seluruh Indonesia berjumlah sekitar 1000 peserta.

Dalam sambutan pembukaan, Penasehat DWP Kemenag, Eny Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan ucapan selamat tahun baru Islam, 1 Muharam 1443 H kepada seluruh anggota Dharma Wanita.

“Karena masih dalam suasana tahun baru 1443 Hijriah, saya ucapkan selamat merayakan tahun baru 1443 Hijriyah bagi yang beragama Islam. Tentu dengan harapan semoga memasuki tahun baru ini akan semakin meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT, dimudahkan segala urusan, serta mempertebal keikhlasan kita untuk berkorban demi sesama,” tuturnya.

Tak lupa beliau mengingatkan untuk terus menjaga kesehatan, karena Covid 19 dengan berbagai variannya masih terus menyerang. “Jumlah mereka yang terpapar belum juga menunjukkan tanda-tanda akan melandai. Oleh karena itu kita harus mendukung upaya pemerintah dalam mengurangi penyebarluasan dan penularan covid-19 melalui pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM di seluruh wilayah Indonesia. Dukungan tersebut dapat diwujudkan dalam bentuk pembatasan pergerakan kita selaku pribadi menerapkan 5 m yaitu memakai masker mencuci tangan dengan sabun cara menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas secara konsisten,” ajaknya.

Beliau juga berpesan kepada seluruh pengurus dan anggota DWP Kementerian Agama di seluruh  Indonesia untuk ikut serta secara aktif membantu meringankan beban saudara kita yang sedang diuji sesuai dengan kemampuan kita masing-masing.

“Sebagai umat beragama kita meyakini bahwa apa yang terjadi saat ini merupakan bagian dari ujian Allah SWT kepada hambaNya. Allah SWT ingin mengetahui siapa diantara hambanya yang paling bersabar menghadapi segala ujian dalam bentuk kebaikan, kesusahan atau musibah,” terangnya.

Prof. Dr. KH. Said Agil Husin Al Munawar.Lc. MA dalam tausiyahnya kali ini menjelaskan kesempurnaan kemampuan manusia dalam mengahadapi musibah karena telah diberikan panca indera yang sempurna.

“Sesuai firman Allah dalam Surah At-Tiin ayat 4 disampaikan bahwa manusia sebagai makhluk yang paling sempurna penciptaannya, diberikan karunia berupa panca indera pendengaran, penglihatan. Sehingga dengan kesempurnaannya itu mempunyai potensi dan kemampuan untuk menerima semua ujian dan cobaan dari penciptanya yaitu Alloh SWT,” jelasnya.

“Terlebih dalam kondisi seperti sekarang ini saat kita masih diuji oleh Allah dari bencana Covid 19, dan ujian itu bukan hal yang baru melainkan sudah disampaikan kepada orang-orang sebelumnya. Jika kita akan keluar dari ujian ini hendaknya kita selalu bertakwa, berkhusnudhon, bermunajat kepada Allah,” imbuhnya

Sementara itu dalam sambutan penutup, Penasehat DWP, Eny Yaqut Cholil Qoumas mengajak seluruh peserta webinar berdoa untuk keselamatan negara Indonesia yang akan merayakan HUT Kemerdekaan ke 76 semoga menjadi bangsa yang pandai bersyukur, teguh menjalankan amanah, maju peradabannya dan pastinya menjadi suri teladan bagi bangsa-bangsa lain di dunia. (rv/hmsdwp/ak/rf)