Kanwil Kemenag Prov. Jateng dan AGPAII Jateng Kuatkan Legalitas Lomba MAPSI

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang (Humas) – DPW Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Jawa Tengah dan Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah melakukan penandatanganan kesepakatan bersama penyelenggaraan lomba mata pelajaran dan seni Islami (MAPSI) jenjang TK, SD, SLB, SMP, SMA, dan SMK tingkat Jawa Tengah di ruang teleconference Lantai tiga Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Tengah, Kamis (16/09).

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, H. Musta’in Ahmad mengatakan bahwa lomba MAPSI merupakan salah satu sarana untuk mengukur keberhasilan pendidikan beragama di berbagai sekolah. Hal ini dikarenakan terdapat berbagai macam lomba yang berisikan materi-materi pendidikan agama khususnya agama Islam. Dalam perlombaan ini tidak hanya kompetisi, tetapi juga adanya kolaborasi.

“Perlombaan kini berhadapan dengan keniscayaan jaman yang berubah, sekarang bukan lagi kompetisi tetapi era kolaborasi. Maka dari itu AGPAII Jawa Tengah kali ini harus mempertemukan kedua hal tersebut, dengan melakukan inovasi dan terobosan-terobosan baru sesuai dengan jamannya,” kata Kakanwil.

MAPSI, Kearifan lokal Jateng

Sementara itu Ketua DPW AGPAII Provinsi Jawa Tengah, Muhammad Ahsan mengatakan bahwa penandatangan ini sangat penting untuk menguatkan legalitas penyelenggaraan MAPSI di Provinsi Jawa Tengah. Kedepan sertifikat bagi juara akan ditanda tangani dari Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah.

“Dengan ditanda tangani oleh Kakanwil, maka legalitas lomba MAPSI semakin kuat. Bagi para juara, sertfikatnya dapat digunakan dan diakui sebagai nilai tambah untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya,”tegasnya.

Lebih lanjut Ahsan menyampaikan bahwa teknis pelaksanaan lomba MAPSI diserahkan ke masing-masing FKG, KKG, MGMP seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Jadi posisi AGPAII Jawa Tengah disini adalah menguatkan keberadaan lomba MAPSI yang menjadi kearifan lokal Provinsi Jawa Tengah yang tidak dimiliki Provinsi yang lain di Indonesia,” tambahnya.

Dalam penandatangan tersebut, menurut Hery Nugroho, sekretaris DPW AGPAII Provinsi Jawa Tengah dihadiri oleh Pejabat pada Bidang PAI dan Pengurus AGPAII.

“Hadir dalam acara Kabid PAI, H. Imam Buchori, Kasi PAI pada SMP, H. Nurzaeni Wahyu Widodo, Kasi PAI pada SMA/SMK, Hj. Afifatun, Kasi PAI pada SD, H. Arif Nur Zaini, Sub Koordinator Seksi SI, H. Much. Muizzudin, Kasi PAI pada PAUD/TK H. Arif Hanafi, Ketua Pokjawas PAI, H. Amir Mahmud, Ketua FKG TK, Khurmain, KKG SLB, Umar, KKG SD, Siti Kusrini, MGMP PAI SMP Syaekudin, MGMP PAI SMA, H. Khoiri, MGMP PAI SMK, Suryanto, ungkap Hery. (hery/qq)