Kemenag Kota Semarang Persiapkan PMPZI

Semarang – Pembangunan Zona Intergritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi tengah dijalankan oleh Kementerian Agama Kota Semarang. Atas pembangunan ZI ini, Kemenag Kota Semarang tengah mempersiapkan eviden-eviden dalam rangka peningkatan kualitas layanan publik yang berprinsip bebas dari Korupsi.

Untuk membahas persiapan dan sejauh mana kemajuan yang telah dilaksanakan, Kemenag Kota Semarang menggelar rapat koordinasi PMPZI pada Selasa (16/11/2021) di aula setempat.

Hadir dalam rakor ini Kakankemenag Kota Semarang, Mukhlis Abdillah, Kasubag TU, Rachmad Pamudji, Ketua ZI, Mawardi dan segenap tim ZI Kemenag Kota Semarang.

Pembangunan ZI ini berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 10 Tahun 2019 sebagai perubahan dari Permenpan RB Nomor 52 tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM).

PMPZI ini terdiri atas enam area perubahan, yaitu Manajemen Perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Adapun pengisian eviden ZI tahun 2021 ini akan dilakukan pada pertengahan Desember 2021. Untuk itu, Kakankemenag mengimbau tim ZI agar mempersiapkannya secara matang.

“Kita adakan rakor secara berkala. Dan pada setiap rakor, setiap pokja harus ada perkembangan,” ucapnya.

Menurut Mukhlis, Kota Semarang adalah ibukota Provinsi Jawa Tengah. Sevara geografis juga terletak dekat dengan Kanwil Kemenag Jawa Tengah. “Karena itu mau tidak mau, suka tidak suka, Kemenag Kota Semarang harus menjadi trensetter,” tandasnya.

Pembangunan ZI ini, tambah dia, harus dilaksanakan dengan tidak separo-paro, tai penuh totalitas. “Kita harapkan mampu menyusun eviden-eviden yang menunjukkan totalitas kita dalam pembangunan ZI ini,” sambungnya.

Mukhlis juga menekankan adanya inovasi layanan utamanya di bidang IT, meskipun sifatnya sederhana.

Usai pengarahan dari Kakankemenag, masing-masing Pokja membahas tentang programnya masing-masing. – nova/iq/bd