Kolaborasi, Kunci Sukses ANBK MIC Kesenet

Banjarnegara – Madrasah Ibtidaiyah Cokroaminoto ( MIC ) Kesenet sukses melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di Laboratorium Komputer SMK Darunajah pada Kamis, (25/11).

ANBK adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar ( literasi, numerasi, dan karakter ) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. 

Peserta yang mengikuti ANBK adalah siswa – siswi yang duduk di bangku kelas V (lima) sejumlah 23 siswa. Pelaksanaan dua hari ini, dalam setiap harinya terbagi dalam 2 sesi yaitu di sesi I dimulai pukul 08.00 – 10.00 dan dilanjutkan sesi II dimulai 11.00 sampai dengan pukul 13.00 masing – masing 12 dan11 siswa dalam tiap sesinya.

Imam Budiyanto, Kepala MIC Kesenet mengatakan kunci sukses dari pelaksanaan ANBK ditahun yang pertama ini adalah berkat kolaborasi yang berjalan dengan baik antara MIC Kesenet dan SMK Darunajah.

“Alhamdulillah, madrasah kami melaksanakan ANBK dengan sukses dan sangat baik, tidak ada hambatan apapun baik dari peserta maupun perangkat ujian komputer serta jaringannya itu semua berkat kolaborasi yang baik dengan SMK Darunajah,” katanya.

“ Terimaksih kami ucapkan kepada Kepala Sekolah SMK Darunajah yang telah memfasilitasi kegiatan ANBK sehingga siswa kami 100% dapat menyelesaikan ANBK dengan tuntas,” tambahnya. 

Kepala Sekolah SMK Darunajah, Ferri Tulistiyono mengatakan kegembiraannya dapat membantu pelaksanaan kegiatan ANBK di tingkat SD/MI sehingga berlangsung dengan baik dan lancar.

“ Kami senang dapat membantu teman-teman dari MIC Kesenet dan Kami mempersilahkan teman-teman dari MIC Kesenet setelah ANBK selesai untuk dapat membawa siswanya belajar komputer di Laboratorium Komputer SMK ini,” katanya.

Menanggapi hal tersebut, Imam Budiyanto mengakatan kesiapannya untuk membawa siswanya belajar komputer di Laboratorium Komputer SMK Darunajah sehingga kolaborasi ini lebih berdaya guna.

“Kami siap membawa siswa untuk belajar komputer di Laboratorium Komputer SMK Darunajah sehingga kolaborasi terus terjalin dengan baik,” jawabnya.

ANBK perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. ANBK ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar , yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar siswa. (iby/ak/rf)