PAS Luring Perdana MTs N 2 Banjarnegara Berjalan Lancar

Banjarnegara – MTs N 2 Banjarnegara pada tahun pelajaran 2021 – 2022 mengadakan PAS (Penilaian Akhir Semester) gasal secara luring (luar jaringan). Kegiatan PAS berlangsung mulai Senin (29/11) hingga Selasa (7/12). Sebelumnya sejak masa pandemi Covid-19 MTs N 2 Banjarnegara gelar penilaian secara daring (dalam jaringan). Namun kali ini kegiatan PAS gasal dibuat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Sebanyak 992 peserta didik MTs N 2 Banjarnegara mengikuti kegiatan PAS gasal dengan menerapkan protokol kesehatan 5 M + 1 D secara ketat. Kegiatan ini membutuhkan 33 ruang, yang terdiri dari 30 ruang penilaian, 1 ruang panitia, 1 ruang naskah, dan 1 ruang pengawas.

PAS gasal menggunakan metode sesi demi sesi. Mengingat posisi tempat duduk harus di atur dengan jarak tertentu dan memperhatikan protokol kesehatan. Kegiatan PAS gasal per hari dibuat 4 sesi. Sesi pertama dimulai pukul 07.30 WIB, sesi ke dua pukul 09.00 WIB, sesi ketiga pukul 10.30 WIB, dan sesi terakhir pukul 12.30 WIB.

“Pelaksanaan PAS kali ini sengaja dibuat 4 sesi. Peserta didik disetiap kelas dibagi menjadi 2 kelompok. Sesi pertama dan kedua diperuntukkan untuk kelompok satu atau peserta didik absen 1 hingga 16 di setiap kelasnya, sedangkan sesi tiga dan empat untuk kelompok dua atau peserta didik pada absen terakhir. Dengan dibagi menjadi beberapa kelompok, peserta didik akan dapat menjaga jarak dengan peserta didik yang lain,” jelas Wangid Sunandar selaku ketua panitia PAS gasal saat ditemui di ruang panitia.

Pelaksanaan PAS gasal hari pertama berlangsung dengan baik dan lancar. Ini diungkapkan langsung oleh kepala MTs N 2 Banjarnegara setelah pelaksanaan PAS gasal di hari pertama usai.

“Alhamdulillah kegiatan PAS di hari pertama ini berjalan dengan mulus tanpa adanya halangan suatu apapun. Mudah-mudahan anak-anak bisa menjaga fisik mereka, dengan menerapkan protokol kesehatan agar selalu dapat mengikuti kegiatan PAS gasal ini sampai akhir nanti.” pungkas Ratna Ayu Kartika Wulan. (ns/swp/ak/rf)