Supervisi Akademik Pada Guru Bahasa Indonesia di MTs N 1 Pekalongan

Kab. Pekalongan – Dalam rangka meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar tenaga pendidik di MTs N 1 Pekalongan,  Pengawas dari Kemenag Kabupaten Pekalongan Dra. Hj. Munasifah, M.S.I. melakukan supervisi akademik, yang meliputi supervisi perencanaan pembelajaran, supervisi pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajarn pada guru Bahasa Indonesia setelah mengikuti Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Bahasa Indonesia pekan lalu. Kamis, 25 November 2021

Supervisi ini merupakan rangkaian dan follow up dari Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Bahasa Indonesia yang berlangsung 25 Oktober 2021 yang diselenggarakan di Gedung ITSNU Kedungwuni yang diikuti 25 peserta MGMP Bahasa Indonesia MTs. Se-Kabupaten Pekalongan dan bagi Pengawas Madrasah ini merupakan bagian dari kegiatan ON 2 dari kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Pokjawas-ALT-1 Pekalongan Jawa Tengah.

Kegiatan supervisi yang berlangsung selama dua hari yaitu Kamis-Jumat, 25-26 November 2021, dengan kegiatan supervisi hari Kamis yaitu supervisi kelas yang pertama dilaksanakan pada jam ketiga sampai jam keempat di kelas VII F, adapun guru yang disupervisi yaitu Any Nurbaya, S.Pd. Supervisi kelas yang kedua dilaksanakan pada jam keenam sampai ketujuh di kelas VIII B, adapun guru yang disupervisi adalah Ismiyati, S.Pd. Kegiatan  pada hari Jumat yaitu supervisi penilaian pembelajaran.

Hj. Munasifah menyampaikan, “Tujuan dari Supervisi dan monitoring ini selain sebagai Tupoksi pengawas dan kegiatan ON 2 dari Kegiatan PKB  Pengawas yaitu memonitor tindak lanjut setelah guru Bahasa Indonesia mengikuti Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Bahasa Indonesia.

“Kami selaku pengawas ingin mengetahui apakah ilmu yang sudah didapatkan dari kegiatan pelatihan tersebut apakah sudah diterapkan atau belum, dari segi perencanaannya seperti apa, pelaksanaannya seperti apa ini hasilnya kami kaitkan dengan hasil pelatihan pengawas yang sudah kami lakukan. Pengawasan kami juga nanti ada tindak lanjutnya. Hasil dari supervisi ini keseluruhan sudah baik,” ujar Hj. Munasifah.

“Guru diharapkan menindaklanjuti masukan dari kami. Kami mengucapkan terimakasih pada madrasah dan khususnya pada guru Bahasa Indonesia sudah meluangkan waktunya untuk disupervisi,” lanjutnya. “Dengan adanya supervisi dan monitoring diharapkan dapat meningkatkan kualitas mengajar guru MTs N 1 Pekalongan agar madrasah semakin maju dan bermutu ,agar menjadi guru profesional abad 21 yaitu mampu menyiapkan peserta didik untuk memiliki keterampilan berpikir kritis, kreatif, inovatif, komunikatif, dan mampu berkolaborasi,” pungkasnya. (Iy-Us/Ant/bd).