Tim Monev Penyuluh Teladan Jawa Tengah Datangi KUA Mandiraja

Banjarnegara – Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Mandiraja merupakan salah satu dari dua KUA di Kabupaten Banjarnegara yang mendapat kunjungan  tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Penyuluh Agama Islam Teladan Tingkat Propinsi Jawa Tengah, Achmad Syalabi, dan Suraji didampingi Staf Bimas Islam Kankemenag Kabupaten Banjarnegara, Mohammad Firdaus. Hadir dalam acara tersebut Kepala KUA Kecamatan Mandiraja, Penyuluh Agama Islam Fungsional dan delapan Penyuluh Agama Non PNS, Senin,(29/11)

Monev ini menyasar pada kinerja Penyuluh Non PNS pada saat pandemi covid-19 khususnya pada Bulan Juli 2020. Penyuluh Agama Islam Non PNS Kecamatan Mandiraja dapat menyesuaikan kinerja di masa pandemi, karena adanya larangan berkerumun maka penyuluh memanfaatkan kemajuan teknologi, penyuluhan dapat dilakukan tanpa harus bertatap muka  misalnya diskusi online ataupun kratifitas di media sosial. Demikian pula materi penyuluhan pun menyesuaikan masa pandemi yaitu agar masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan baik dalam kegiatan sehari-hari maupun dalam beribadah.

Syalabi menyampaikan bahwa tujuan dari monev ini adalah cara menggali untuk mendapatkan informasi secara reguler berdasarkan indikator tertentu, dengan maksud mengetahui apakah kegiatan yang sedang berlangsung sesuai dengan perencanaan  dan prosedur yang telah disepakati.

“Pada  prinsipnya  monev untuk memastikan  kesesuaian proses dan capaian sesuai rencana tercapai atau tidak,” ujarnya

Setelah meneliti berkas instrumen monev, Suraji menyimpulkan bahwa Penyuluh Agama Non PNS Kecamatan Mandiraja telah menjalankan kinerja dengan baik, namun untuk selanjutnya harus lebih ditingkatkan .

“Alhamdulillah monev di KUA Kecamatan Mandiraja berjalan lancar dan sukses berkat kerja sama yang baik diantara kita, dengan Kepala KUA,staf KUA, lintas sektoral, tokoh agama, tokoh masyarakat dan jamaah binaan kita,” ungkap Yani Itsnawati, Penyuluh Agama Islam Fungsional Kecamatan Mandiraja.

Zayin, Kepala KUA Kecamatan mandiraja mengapresiasi suksesnya monev ini. “Saya sampaikan terima kasih kepada seluruh penyuluh. Harapan saya setelah mendapat hasil yang baik, bisa dijadikan motivasi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi penyuluh dalam rangka menyongsong Revitalisasi KUA Kecamatan Mandiraja,” pungkasnya (im/yn/ak/rf)