11 Peserta Ikut Tes Seleksi Calon Penghulu

Semarang – Sejumlah peserta mengikuti tes seleksi calon penghulu angkatan II tingkat Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah. Seleksi ini diadakan selama dua hari, Jumat- Sabtu (10-11/2/2021) di aula Kantor Kementerian Agama Kota Semarang.

Tim dari Pusdiklat Kementerian Agama RI, Aden Daenuri  dan Kasi Bimas Islam Kankemenag Kota Semarang, Labib menjadi tim penilai seleksi dan uji kompetensi yang diadakan oleh Pusdiklat Kementerian Agama RI ini.

Peserta berjumlah 11 orang ini mengikuti tes seleksi ini dengan menyampaikan presentasi di hadapan tim penilai. Setiap peserta menunjukkan kemampuannya menjadi seorang penghulu dengan bekal pengetahuan agama yang mereka miliki.

“Ini merupakan tes seleksi calon penghulu. Apabila lulus akan ditempatkan di Kankemenag Kabupaten/Kota di Jawa Tengah,” kata Labib.

Labib mengatakan, untuk Kemenag Kota Semarang sendiri masih membutuhkan banyak penghulu. “Idealnya, setiap KUA mempunyai 2-3 penghulu. Agar pelayanan kepada permintaan nikah bisa cepat,” kata Labib.

Di Kementerian Agama, penghulu adalah petugas representasi pemerintah yang bertugas untuk menikahkan kedua mempelai untuk menggantikan wali dari pihak keluarga. Ia juga sekaligus mencatat pernikahan tersebut ke dalam catatan pemerintah.

Penghulu juga kerap memberikan nasihat perkawinan kepada calon pengantin menuju keluarga yang sakinah, mawaddah warohmah. — iq/bd