35 Siswa MTs Cokroaminoto Madukara Ikuti Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa

Banjarnegara – Bertempat di salah satu ruang kelas MTs Cokroaminoto Madukara, 35 siswa mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa dengan berseragam Pramuka lengkap dan mematuhi protokol kesehatan,Sabtu, (18/12).

Kegiatan yang diikuti bagi Pengurus OSIS dan Pramuka ini dibuka oleh Tutut Widiasih selaku Kepala Madrasah. Dalam sambutan pembukaan, Tutut menyampaikan pentingnya pelaksanaan latihan kepemimpinan bagi setiap peserta, “Kita sebagai makhluk sosial dan makhluk beragama tidak bisa lepas dengan yang namanya kepemimpinan. Kemanapun dan dimanapun kita harus memiliki jiwa kepemimpinan yang mantap dan handal. Melalui kepemimpinan inilah, kita akan mampu menempatkan diri dengan baik,” ungkapnya dihadapan peserta dan waka kesiswaan.

Lebih lanjut memberikan motivasi sekaligus memberikan harapan yang besar kepada seluruh siswa  yang mengikuti kegiatan LDKS untuk benar-benar mengikuti rangkaian kegiatan yang sudah diagendakan dengan narasumber-narasumber yang mumpuni di bidangnya, diantaranya Lilis Ujianti selaku anggota DPRD Kabupaten Banjarnegara, Wildan Rusli selaku Sekretaris YPI Cokroaminoto Cabang Banjarnegara dan Tim SIGAP Kabupaten Banjarnegara.

“Narasumber pada LDKS tahun 2021 ini special, karena menghadirkan tokoh-tokoh yang mumpuni di bidangnya, sehingga manfaatkan dengan baik apa yang nantinya disampaikan. Ikuti segala arahan sehingga setelah dari kegiatan ini, anak-anaku bisa menjadi pioner bagi siswa lainnya untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Jadilah teladan untuk teman-temanmu,” katanya.

Marso selaku Waka Kesiswaan dalam laporan singkatnya menyampaikan ucapakan terimakasih sekaligus bangga kepada seluruh peserta yang hadir, “terimakasih kepada anak-anaku siswa siswi MTs Cokroaminoto Madukara yang sudah terpilih sebagai peserta LDKS di tahun ini. Kalian semua merupakan anak-anak pilihan, sehingga ikuti dan manfaatkan sebaik-baiknya semua agenda yang sudah dijadwalkan. Semua harus serius dan disiplin disetiap sesi, karena nantinya kamu semua akan dijadikan teladan bagi seluruh siswa di madrasah,” lapornya dengan nada memberikan penguatan kepada seluruh peserta.

“Program Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa pada tahun ini merupakan program rutin tahunan MTs Cokroaminoto Madukara. Ini penting terus diadakan pada setiap tahunnya. Kalau kita melihat pemimpin yang saat sekarang menjadi leader, pasti dahulunya pernah ditempa melalui pelatihan-pelatihan dari masa sebelumnya. Sehingga bisa menjadi pemimpin sebagaimana yang bisa kita saksikan saat sekarang. Pemimpin itu perlu proses panjang, salah satunya melalui kegiatan saat sekarang,” imbuhnya.

Kegiatan yang diagendakan selama dua hari ini materi yang akan diterima oleh peserta diantaranya terdiri dari tema kajian Kepemimpinan, keorganisasian, Menciptakan Generasi Baru untuk Perubahan Dunia, Implementasi Semangat Juang HOS Cokroaminoto untuk Generasi Milenial serta pada hari Sabtunya akan diakhiri dengan kegiatan PBB dan Outbound. (sbw/ak/rf)