Bimtek Penerapan EDM dan e-RKAM bagi Madrasa di Kota Semarang tahun 2021

Kegiatan Bimtek Tatap Muka virtual (13/12/2021)

Semarang–Dalam rangka meningkatkan Mutu Pendidikan, Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI mengadakan kegiatan Bimtek Penerapan EDM dan e-RKM melalui proyek REP-MEQR yang diikuti oleh Kepala Madrasah, Bendahara BOS dan IT Madrasah mulai tanggal 8 – 16 Desember 2021.

Kegiatan Bimtek Rombel Tim Kota Semarang 2 pada tanggal 12 Desember 2021 merupakan kegiatan Tatap muka virtual yang ke 2 setelah sebelumnya dilaksanakan kegiatan tatap muka virtual tanggal 8 Desember dan selanjutnya belajar mandiri (Asychronous) di madrasah masing-masing. Acara ini di buka oleh Ibu Sriyati selaku fasilitator pada pukul 11.00 WIB. diawali dengan cek kehadiran dan doa bersama.

Dalam materi yang disampaikan, Amhal Kaefahmi mengatakan ” EDM adalah suatu proses penilaian mutu penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan oleh pemangku kepentingan (stakeholder) di tingkat madrasah berdasarkan indikator-indikator kunci yang mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP)”.

”Pada prinsipnya EDM adalah penilaian yang dilakukan oleh warga madrasah dengan penuh kesadaran dan kejujuran untuk perbaikan mutu pendidikan madrasah. Untuk mengoptimalkan pelaksanaan dan pemanfaatan EDM ini diperlukan kebersamaan dan kemauan kepala madrasah, guru, tenaga kependidikan, komite madrasah, siswa dan orang tua siswa untuk bersedia membuka diri. Dengan demikian madrasah dapat memperbaiki kekurangan, mempertahankan, dan meningkatkan keunggulan dalam mencapai visi dan misi madrasah” tambahnya.

Nampak semua peserta sangat antusias dengan materi yang disampaikan. Sukirman (Kepala MI Al muta’allimin) menyampaikan ”Alhamdulilah hari ini mendapat banyak pengetahuan dan pemahaman tentang pentingnya EDM dan RKM”.

Menurut Abdul khoer ”saya sangat senang sekali dengan ada kegiatan ini, kedepan madrasah akan menjadi lebih baik terutama dalam penyusunan RKM” Semoga Madrasah semakin hebat, mandiri dan berprestasi. (skr/bd)