Empat Tim Riset MTs N 1 Banjarnegara Siap Ikuti Ajang Internasional

Banjarnegara – Bersiap untuk ajang internasional berarti harus berani berjuang lebih giat dan lebih keras lagi. Tim riset MTs N 1 Banjarnegara (Madtsansa) kembali bersiap untuk ikuti ajang internasional kedua setelah sebelumnya berhasil memborong tiga medali perak pada ajang ISIF (International Science and Invention Fair) 2021.

Kali ini, empat tim riset Madtsansa sudah bersiap untuk mengikuti ajang WISPO (World Innovative Science Project Olympiad) yang diadakan oleh Indonesian Scientific Society

Dari empat tim riset ini, dua tim mengikuti lomba di bidang Environmental Science (ES) dengan pembimbing Musfiatul Muniroh, dan dua tim mengikuti lomba bidang Engineering and Technology (ET) dengan pembimbing Tri Widayati.

“Ini adalah event kedua di tingkat internasional. Tentunya kami berharap anak-anak mendapat pengalaman juga pengetahuan baru. Para calon peneliti dari Madtsansa ini harus sering ikut event baik nasional maupun internasinal supaya terbiasa dengan hal-hal yang berkaitan dengan penelitian,” tutur Tri Widayati.

Dalam WISPO ini setiap tim diwajibkan mengirim extend abstrac dan video presentasi. Empat tim ini berhasil mengirimkan persyaratan tersebut pada 28 Oktober 2021. Setiap tim melakukan presentasi dengan berbahasa Inggris yang berisi tentang penjelasan singkat penelitian yang dilakukan.

Setelah sukses mengirimkan persyaratan, empat tim ini kini bersiap untuk penjurian yang akan dilaksanakan tanggal 18 Desember 2021 mendatang. Direncanakan penjurian ini akan dilaksanakan secara daring menggunakan zoom meeting. Hal inipun sangat didukung oleh kepala MTs Negeri 1 Banjarnegara, Eko Widodo.

“Apapun kegiatan siswa yang penting itu positif dan bisa menigkatkan kualitas diri dan prestasi pasti akan saya dukung penuh,” pungkasnya (rin/ak/rf)