FKUB Kota Semarang Deklarasikan Gempita

Semarang – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Semarang menggelar kegiatan Sekolah dan Deklarasi Kerukunan pada Sabtu – Minggu (11-12/12/2021). Kegiatan ini diadakan di Hotel D’Emmerick Salib putih Salatiga.

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua FKUB Provinsi Jawa Tengah, Taslim Syahlan, Kepala Badan Kesbangpol Kota Semarang, Abdul Haris, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kota Semarang, Rachmad Pamudji, Ketua FKUB Kota Semarang, Mustam Aji, Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Semarang, Joko Hartono. Turut hadir pula Ketua Panitia kegiatan, Hj. Arikhah.

Kegiatan ini diikuti oleh 70 pemuda dan pelajar lintas agama dan kepercayaan yang ada di Kota Semarang.

Acara dibuka oleh Joko Hartono. Sementara itu, Arikhah mengatakan, kegiatan ini bertujuan menjalin silaturahmi, kerukunan dan keakraban antar peserta yang terdiri atas pemuda dan pelajar lintas agama.

Rachmad Pamudji dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan ini. Ia berharap, kegiatan ini mampu meningkatkan kerukunan dan mempererat silaturahmi antar pemeluk lintas agama, utamanya dari kalangan pemuda dan pelajar di Kota Semarang.

Dalam kegiatan ini, diadakan pula deklarasi Gempita (Gerakan Kerukunan Pemda Lintas Agama) Kota Semarang. Deklarasi ini menyatakan, pemuda dan pelajar lintas agama Kota Semarang siap untuk :

  1. Bergerak menjaga kerukunan umat beragama dan kepercayaan
  2. Meminimnalisir perilaku diskirimatif dan intolernasi serta sejenisnya
  3. Mendukung upaya pemenuhan hak dasar dan menjamin kemerdekaan masyarakat dalam menjalankan ibadah dan kepercayaannya. —syarif/iq/bd