Fokotama Gelar Rakor Dan Evaluasi Untuk Tingkatkan Kinerja Serta Sinergitas Dengan Kankemenag Kota Magelang

Kota Magelang – Dipenghujung tahun 2021 ini Forum Komunikasi Takmir Masjid/Mushala Kota Magelang (Fokotama) adakan rapat koordinasi dan final Checking rencana melaksanakan studi terap di Aula Kantor Jl. Uripsumoharjo No. 106 Wates Magelang Utara. Rakor yang diikuti oleh 50 orang pengurus Takmir Masjid/Mushala juga diikuti oleh Kasi dan JFU Bimas Islam Kankemenag Kota Magelang, Rabu (29/12).

Bahasan utama dalam rakor kali ini terfokus pada evaluasi atas pelaksanaan program dan pengelolaan administrasi di tahun 2021. Acara ini diadakan untuk mengetahui hambatan dan persoalan yang mengemuka serta menjaring usul saran terhadap solusinya.

“Kegiatan Rakor ini merupakan kegiatan untuk mengevaluasi capaian kerja dari Fokotama di tahun 2021. Takmir masjid/mushala harus membekali diri juga dengan kemampuan keadministrasian dan pengarsipan dokumen yang ada. Kemampuan mengelola administrasi sangatlah penting dimasa kini dan kedepannya. Kecepatan dan keakuratan data yang dimiliki diharapkan bisa dengan cepat tersajikan dalam waktu yang singkat untuk melayani stakeholder yang ada. Keterbukaan dalam pengelolaan keuangan seyogyanya juga harus disampaikan secara periodik kepada jama’ah guna menghindari kesalahfahaman yang tidak perlu,” terang Kepala Kankemenag dalam arahannya.

“Fokotama diharapkan juga bersinergi terhadap program-program Kementerian Agama seperti pengarusutamaan moderasi beragama, kebutuhan data-data kemasjidan dan mushala, kegiatan perayaan hari besar Islam, perwakafan dan lain sebagainya,” imbuh Sofia Nur.

Didampingi oleh Kasi Bimas Islam Kankemenag Kota Magelang Abdurrosyid, ketua Fokotama Sukarno memimpin jalannya diskusi yang berjalan dengan interaktif namun efektif. Disamping itu juga membahas secara detil kesiapan melaksanakan studi terap ke Masjid Al Falah di Kabupaten Sragen guna menambah wawasan dan pengetahuan mengenai manajemen kemasjidan. (Hari).