Gerakkan Program Madrasah Adiwiyata, MTs N 2 Banjarnegara Terima Ratusan Bibit Tanaman

Banjarnegara – Terhitung sejak tahun 2019 MTs N 2 Banjarnegara ditetapkan sebagai madrasah Adiwiyata. Program tersebut merupakan program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga madrasah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

Politeknik Banjarnegara Rabu (15/12) membagikan ratusan bibit tanaman kepada MTs N 2 Banjarnegara melalui waka humas Siswo Purnomo. Berbagai macam bibit tanaman yang dibagikan merupakan bibit tanaman hasil persemaian Politeknik Banjarnegara bekerjasama dengan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Serayu Opak Progo Yogyakarta (BPDASHL SOP) di bawah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia.

Berbagai macam bibit tanaman yang dibagikan kepada MTs N 2 Banjarnegara diantaranya adalah tanaman buah-buahan sepeti durian, jambu, sirsak, dan alpukat serta kacang macadamia, jati, dan tanaman yang memiliki nilai estetika atau keindahan yaitu tabebuya.

Siswo Purnomo merupakan waka humas yang baru dilantik menggantikan Ahmad Nafis Atoillah yang sekarang menjabat sebagai Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) tingkat SMP/SMA, beliau mengucapkan terima kasih kepada Politeknik Banjarnegara yang telah mendukung program Adiwiyata melalui Agung selaku petugas pendistribusi bibit tanaman.

“Kami mewakili warga madrasah menyampaikan banyak terima kasih kepada Politeknik Banjarnegara sebagai Perguruan Tinggi vokasi dengan visi menjadi Politeknik unggulan di Indonesia pada tahun 2025 yang menghasilkan lulusan yang kompeten, handal, dan produktif yang telah berkontribusi mendukung program Adiwiyata di MTs N 2 Banjarnegara dengan membagikan berbagai macam bibit tanaman. Bibit tanaman ini sangat bermanfaat bagi kami. Insyaallah akan kami tanam dan rawat dengan baik.” jelasnya.

Ratna Ayu Kartika Wulan selaku kepala MTs N 2 Banjarnegara pun mengungkapkan hal yang senada.

“Kami sangat berterima kasih kepada Politeknik Banjarnegara dan segenap jajarannya yang telah berkenan mendukung program kami. Kami akan segera menindaklanjuti apa yang diberikan terhadap kami. Kami berencana untuk menanam berbagai macam bibit tanaman ini bersama peserta didik kami. Ini sebagai wujud penanaman karakter untuk melatih peserta didik agar peduli terhadap lingkungan,” pungkasnya. (swp/ak/rf)