Lewat Tim Riset, Siswa MTs Negeri 1 Banjarnegara Kenalkan Budaya Banjarnegara di Kancah Internasional

Banjarnegara – Sabtu, (11/12/21) empat tim riset MTs Negeri 1 Banjarnegara kembali ikuti rangkaian kegiatan WISPO 2021. World Innovative Science Project Olympiad (WISPO) merupakan ajang bergengsi tingkat internasional dalam bidang penelitian. Kegiatan kali ini adalah Project Exchance.

Project Exchance merupakan salah satu kegiatan WISPO yang berisi tentang presentasi projek masing-masing tim. Selain mempresentasikan projek masing-masing tim, pada kesempatan ini mereka juga mengenalkan budaya dari daerah asal.

Pada kesempatan ini masing-masing tim riset MTs Negeri 1 Banjarnegara mengenalkan tentang budaya di Banjarnegara. Hal ini merupakan peluang bagi siswa MTs Negeri 1 Banjarnegara mengenalkan budaya lokal di kancah internasional.

“Budaya yang dipresentasikan oleh tim riset kita adalah Boyong Oyod Genggong dari Kalilunjar, Bentang Ondol Kuduran dari Wanayasa, Tarian Ujungan dari Gumelem Wetan, dan Cukur Rambut Gimbal Dieng Culture Festival dari Dieng,” tutur Musfiatul Muniroh, salah satu pembimbing tim riset MTs Negeri 1 Banjarnegaara.

Presentasi tentang budaya Banjarnegara ini tidak asal pilih. Sebelum pelaksanaan presentasi, tim riset melakukan kunjungan ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara. Di sana siswa melakukan wawancara berkait kebudayaan yang akan dipresentasikan oleh tim riset.

Eko Widodo, kepala MTs Negeri 1 Banjarnegara berharap dengan dikenalkannya budaya Banjarnegara oleh tim riset ini, Banjarnegara semakin mendunia.

“Harapan saya dengan dikenalkannya budaya Banjarnegara di kancah internasional, Banjarnegara dan MTs Ngeri 1 Banjarnegara semakin mendunia.” ujar Eko Widodo. (rin/ak/rf)