Menuju WBK 2022, Kanwil Kemenag Prov. Jateng Lakukan Studi Tiru di Kankemenag Bantul

Bantul (Humas)- Tim Pembangunan Zona Integritas (ZI) Kanwil Kemenag Prov. Jateng melaksanakan Study Tiru Percepatan Reformasi Birokrasi melalui Pembangunan Zona Integritas di Kantor Kementerian Agama Kab. Bantul di Aula Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kab. Bantul pada Kamis (23/12).

Tampak hadir Nurkholis selaku Plt. Kabag Tata Usaha Kanwil Kemenag Prov. Jateng sekaligus Ketua Tim ZI bersama seluruh anggota Tim Pembangunan ZI Kanwil Kemenag Prov. Jateng yang diterima oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bantul diwakili oleh Kasi Bimas Islam, Faruq Nur Rokhim beserta Tim ZI Kemenag Kab. Bantul.

“Matursuwun sanget untuk Kemenag Kab. Bantul yang telah menerima kedatangan kami Tim Pembangunan ZI dari Kanwil Kemenag Prov. Jateng. Maksud dan tujuan kami yakni untuk mengamati, meniru dan memodifikasi program-program yang ada dan nanti kita terapkan di Kanwil Kemenag Jateng. Sebab kemarin Kanwil Kemenag Jateng mengirim 15 satker untuk menuju Wilayah Benas Korupsi namun hanya satu yang lolos yakni Kemenag Kota Salatiga,” tutur Nurkholis.

“Membangun ZI memang bukan perihal yang mudah, banyak yang perlu diperbaiki bersama untuk menuju WBK/WBBM. Insyaallah untuk tahun 2022, insyaallah kami akan kirim 1 Kanwil, 35 Kankemenag Kab/Ko se Jawa Tengah, 65 Madrasah Aliyah, 129 Madrasah Tsanawiyah. Kita gerakan semua, totalitas dan berharap Jawa Tengah mampu,” pungkasnya.

Fariq Nur Rokhim mewakili seluruh Tim ZI Kemenag Kab. Bantul menuturkan bahwasanya mereka belum sepenuhnya sempurna dan tidak bermaksud untuk menggurui namun mengajak bersama-bersam untuk mampu membangun ZI di Kemenag masing-masing.

“Betul kami tidak ingin menggurui , kami masih merasa banyak kekurangannya sehingga niat kami adalah menghormati tamu serta kami akan berbagi apa yang kami lakukan. Semoga kita dapat saling mengisi dan melengkapi,” tutur Fariq.

“Semoga apa yang telah diniatkan Kanwil Kemenag Jateng dapat bermanfaat. Sehingga apa yang sekiranya telah dilakukan oleh Kemenag Bantul dapat diterapkan dan dilaksanakan di Kanwil Kemenag Jateng,” imbuhnya.

Pemaparan Pencapaian ZI oleh Tim ZI Kemenag Bantul, Agus Yunianto dan Isman. Mereka memaparkan bahwasanya Kemenag Bantul telah menjadi Pilot Project ZI dari DIY pada tahun 2015 silam. Berikut adalah inovasi-inovasi yang telah dilakukan oleh Kemenag Kab. Bantul yakni PTSP online, pendaftaran haji satu tempat selesai, live streaming akad nikah, penyediaan mesin EDC untuk pembayaran nikah, sistem kepuasan masyarakat online, lomba ASN excellent dan lain sebagainya.

Kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab antar Tim dan diakhiri dengan penyerahan cinderamata. Semoga kedepannya Kanwil Kemenag Jateng bersama satker-satker lainnya di Jawa Tengah mampu meraih WBK/WBBM. (ps/ali)