Mimau Joyokusumo Borong Piala Pada Festival Adzan, Tahfizh dan Top Model

Banjarnegara – Minggu, 19/12 peserta didik dari MIMAU (MI Maarif Unggulan) Al Falah Joyokusumo mengikuti Festival Adzan, Tahfizh dan TOP Model yang diselenggarakan oleh Qyra Production. Lomba ini digelar secara meriah untuk SD/MI se-Kabupaten Banjarnegara yang bertempat di SPBU Hiu Kalibenda atau di RM Rocket Chiken Banjarnegara.

Keikutsertaan festival ini tidak lain adalah untuk mengukur kemampuan dan menggali potensi serta melatih tingkat percaya diri siswa. Dari MIMAU Joyokusumo di lomba adzan mengirimkan 2 peserta, yaitu Ananda Dema dan Aru kelas III. Kemudian lomba tahfizh diikuti 2 peserta juga oleh Ananda Nafis dan Aby kelas IV. Untuk lomba TOP Model diikuti oleh Nada kelas II.

Pelaksanaan lomba terjadwal masing – masing, untuk lomba Tahfizh dilaksanakan pagi hari pukul 09.30 – 12.30, kemudian pukul 13.00 – 16.00 dilanjutkan lomba adzan dan top model Muslimah. Siang itu para peserta bersama pendamping berdatangan mengunjungi dan melakukan daftar ulang di meja registrasi.

Pada lomba tahfizh, peserta melantunkan surah Al-Fiil dan surah Al-Kautsar, kemudian ditanya mengenai sambung ayat dan sambung surah.

“Alhamdulillah saat maju dipanggung Aby dan Nafis bisa melantunkan dengan lantang dan mengikuti lagu sesuai yang diajarkan, Saat ditanya dan menyambung ayatpun bisa menjawab, meskipun ini tidak tertuang dalam petunjuk teknis namun karena ananda sudah terbiasa belajar menghafal dan pernah mengikuti imtihan akhir santri Qiraati maka beberapa pertanyaan terjawab,” ucap Khamdiah mendampingi peserta tahfizh bersama Arif guru Qiraati MIMAU.

Sesi yang kedua, peserta lomba adzan dipanggil berdasarkan nomor undi dan saat mengumandangkan adzan tidak mengalami kendala yang signifikan. Suara, makhroj dan lagunya cukup membanggakan karena terlihat percaya diri dengan lagu adzan yang telah didapat saat pelatihan adzan di madrasahnya.

Kemudian sesi yang terakhir adalah lomba Top Model Muslimah, yang diwakili oleh Nada dengan gayanya yang anggun serta perpaduan baju dan jilbab yang serasi menambah keindahan. Meskipun Nada baru pernah mengikuti lomba TOP model Muslimah ini, namun dengan persiapan dan Latihan yang matang mampu berjalan dan menampilkan yang terbaik.

Perlombaan Adzan, Tahfizh serta Top model selesai pada pukul 16.00 WIB. Dari 5 peserta yang kami kirimkan lomba semuanya mendapatkan juara, yaitu Juara I, II untuk lomba adzan yang diraih oleh Ananda Aru dan Dema. Kemudian Juara I Top Model, serta Tahfizh mendapatkan juara III oleh Aby dan Harapan I dirah oleh Nafis kelas III.

“Betapa bangga dan bersyukurnya kami, di akhir semester satu tahun ini mendapat hadiah kejuaraan tersebut, semoga prestasi yang diraih Ananda – Ananda ini bisa memotivasi peserta didik lainnya untuk selalu belajar dan mengembangkan bakat dan potensi yang dimiliki. Harapan kami prestasi yang membanggakan ini tetap terus dipertahankan dan ditingkatkan dari tahun ke tahun agar lebih baik lagi kualitasnya,” pungkas Wahyul setelah mendapatkan info dari guru pendamping yang menyampaikan kejuaraan. (wk/ak/rf)