MIMAU Raih Juara III Tahfizh Juz 30 Se-Barlingmascakeb

Banjarnegara – Minggu, 26/12 MIMAU (MI Maarif Unggulan) Al Falah Joyokusumo menerima Thropy, Piagam dan Uang Pembinaan dari Penyelenggara lomba Tahfizh. Meraih prestasi juara III (tiga) dibidang tahfizh juz 30 ini merupakan kebanggaan tersendiri karena madrasah mampu menunjukkan hasil pembelajaran dari program unggulan Seni Al Qur’an salah satunya Tahfizhul Qur’an.

Muhammad Adib Ihsan, adalah salah satu siswa kelas V yang mengikuti audisi Tahfizh Juz 30 ini dibimbing langsung oleh Wahyul Khomisah, kepala madrasah yang notabene juga guru Tahfizh di MIMAU Al Falah Joyokusumo ini.

“Setiap ada audisi Tahfizh ataupun lomba lainnya kami berusaha untuk selalu mengikutinya, disamping untuk melatih, mengasah dan mengukur potensi siswa juga sebagai ajang promosi program unggulan kami, apalagi saat ini jelang PPDB. Semoga dengan banyak prestasi yang kami raih ini, sebagai bukti nyata bahwa kami memaksimalkan pelayanan Pendidikan dalam mewujudkan visi misi madrasah,” ungkap Wahyul

Audisi Tahfizh juz 30 ini diikuti SD/MI se-Barlingmascakeb (Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap dan Kebumen) bertempat di PP Tahfizhul Qur’an Al Madina Muhammadiyah Boarding School Pingit Banjarnegara. Pelaksanaan kegiatan audisi ini terbagi dalam tiga hari dimulai 18-19 Desember lalu, dikarenakan banyaknya peserta yang mendaftar.

Saat mengikuti audisi, peserta terbagi dalam 2 kategori yaitu kategori A yaitu kelas I-V dan Kategori B (kelas VI). Adib, merupakan siswa kelas V, sehingga masuk pada kategori A. Prosesi audisi kemarin masuk pada jadwal hari Minggu, 19/12. Materi wajib juz 30 ini terbagi dalam 3 grade, yaitu grade I adalah surah at takatsur, grade 2 membaca surah Al Fajr sedangkan grade 3 melantunkan surah Al Infithar. Alhamdulillaah semua grade bisa terlalui oleh Adib.

Memasuki di materi kedua, peserta melantunkan surah yang diplih oleh dewan juri. Dan inipun bisa terlalui dengan sempurna. Kemudian peserta menebak surah yang dibacakan penguji, mengartikan surah serta menyambung ayat.

“Pada ujian Juz 30 / audisi kemarin peserta masuk dalam ruang penguji pada ruang khusus. Jadi kami tidak bisa menyaksikan langsung namun kami serahkan penilaiannya kepada penguji. Kriteria dari audisi ini adalah Tajwid – Makhorijul Huruf – Kelancaran Menghafal – Keindahan Bacaan. Alhamdulillah Adib bisa melewati semuanya dengan mudah dan lancar, dan meraih juara III melalui pengumuman di grup Audisi,” tutup Umu pendamping tahfizh. (wk/ak/rf)