Penguatan Pasca Bimtek Edm Dan E-Rkam Tahun 2021

Banjarnegara – Selasa, 28 Desember 2021 telah dilaksanakan kegiatan penguatan pasca Bimtek EDM dan e-RKAM Tahun 2021. Sebanyak 70 madrasah sasaran Bimtek EDM dan e-RKAM Tahun 2021 yang tersebar di 5 Kecamatan mengikuti kegiatan tersebut, setiap madrasah mengirimkan 2 peserta yang terdiri dari kepala dan bendahara madrasah, kegiatan ini langsung pandu oleh TIK Kab. Banjarnegara Tahun 2021.

Penguatan pasca Bimtek EDM dan e-RKAM Tahun 2021 dilaksanakan di 4 tempat, yaitu Kecamatan Mandiraja bertempat di MI Ma’arif Blimbing, Kecamatan Purwanegara bertempat di MI Muhammadiyah Mertasari, Kecamtan Bawang bertempat di Pendais Bawang dan Kecamatan Banjarnegara-Madukara bertempat di MTs N 2 Banjarnegara. Kegiatan ini dilaksanakan serentak guna memperdalam pemahaman madrasah terhadap aplikasi EDM dan e-RKAM yang akan menjadi aplikasi administrasi BOS Madrasah.

Slamet Wahyudi, Kasi Penmad pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara dalam kesempatan yang sama menyampaikan madrasah yang sudah mendapatkan Bimtek EDM dan e-RKAM wajib menggunakan aplikasi tersebut dalam pengelolaan administrasi BOS Madrasah.

“Perencanaan, penggunaan dan pelaporan BOS madrasah harus mengacu pada juknis BOS madrasah. Dalam penggunaan dana BOS, madrasah harus memperhatikan rencana kerja anggaran madrasah (RKAM) sehingga penggunaan BOS akan sesuai dan tepat sasaran sesuai kebutuhan madrasah,” jelasnya

Selain itu, madrasah harus menyusun laporan penggunaan dana BOS sesuai dengan juknis dan ketentuan-ketentuan yang telah dibuat. Keberhasilan penggunaan dana BOS yaitu dilihat dari perencanaan, penggunaan dan pelaporan yang sesuai dengan juknis.

Koordinator TIK Kab. Banjarnegara, Nur Afifi menyampaikan kegiatan Penguatan pasca Bimtek EDM dan e-RKAM Tahun 2021 ini terlaksana berkat dukungan Kantor Kementerian Agama Kab. Banjarnegara melalui Seksi Pendidikan Madrasah dan antusias madrasah sasaran terhadap aplikasi EDM dan e-RKAM.

“Pengelolaan dana BOS nantinya akan melalui aplikasi online EDM dan e-RKAM,” ungkapnya

Tahun 2021 merupakan tahun angkatan ke-2 untuk Bimtek EDM dan e-RKAM, pada tahun 2020 di Banjarnegara 76 madrasah telah mengikuti Bimtek EDM dan e-RKAM dan 76 madrasah tersebut pada tahun 2021 telah mengimplementasikan aplikasi online EDM dan e-RKAM dalam pengelolaan dana BOS madrasah.

“Evaluasi Diri Madrasah (EDM) disusun untuk mengetahui kondisi madrasah, dari EDM akan diketahui kebutuhan-kebutuhan madrasah sehingga penyusunan Rencana Kerja Angaran Madrasah (RKAM) akan sesuai dan tepat sasaran dengan kebutuhan madrasah untuk peningkatan mutu pendidikan di madrasah,” pungkasnya (kan/ak/rf)