Peringati HAB, Kakankemenag Berziarah ke Makam Mantan Kakanwil, H. Wardjono

Semarang – Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Semarang, Mukhlis Abdillah beserta jajarannya mengadakan ziarah ke salah satu pendahulu Kementerian Agama, yaitu makam mantan Kakanwil Departemen Agama Provinsi Jawa Tengah, H. Wardjono Puspojoyo pada Kamis (30/12/2021).

Makam alm Wardjono terletak di Pusara 45 Tempat Pemakaman Umum Bergota I, Jl Kyai Saleh no 57 Randusari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang. Turut serta dalam ziarah ini Kepala Seksi Kemenag Kota Semarang, perwakilan Kepala KUA, pengawas,  dan beberapa staf Kemenag dan KUA.

Ziarah ini diadakan dalam rangka HAB ke-76 Kemenag RI tingkat Kota Semarang. “Sesuai dengan Surat Edaran Kakanwil Kemenag Jawa Tengah diadakan ziarah ke makam pendahulu Kemenag di beberapa Kabupaten/Kota. Di antaranya adalah Bpk. H. Muhamad Wadjono Puspoyudo yang terletak di kawasan makam Bergota I Semarang,” kata Mukhlis.

Mukhlis mengatakan, ziarah ini  adalah untuk mengenang perjuangan para pendahulu yang telah mengantarkan Kementerian Agama hingga sekarang ini. “

“Ziarah ini adalah sebagai muhasabah kita sebagai ASN. Apakah kita bisa melanjutkan perjuangan pendahulu kita? Bagaimana dedikasi kita? Apa yang harus kita lakukan dan apa yang tidak boleh kita lakukan selama mengabdi di Kementerian Agama,” tutur Mukhlis.

Dengan ziarah ini, lanjut Mukhlis, bisa menjad momentum untuk mewujudkan Kementerian Agama menjadi lebih baik. “Ziarah ini bisa kita jadikan momentum ntuk meneruskan perjuangan pendahulu kita untuk menjadikan Kemenag lebih baik. Terutama dalam melaksanakan Zona Integritas yang baru saja kita canangkan,” kata Mukhlis.

Mukhlis juga menyampaikan terima kasih atas partisipasi Kepala Madrasah dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat Kota Semarang di bidang pendidikan dan Kepala KUA di bidang agama.

Pada ziarah ini, diadakan pembacaan tahlil dan doa bersama yang dipimpin oleh Penghulu KUA Kecamatan Genuk, H. Suparwito. Diakhir dengan tabur bunga oleh Kakankemenag dan semua peserta ziarah. — iq/bd