Pokjaluh Baru Kankemenag Kota Magelang Tetapkan Program Kerja Dimasa Baktinya

Kota Magelang – Kelompok kerja penyuluh (Pokjaluh) Kankemenag Kota  Magelang  langsungkan musyawarah kerja perdana bagi pengurus masa bakti 2021-2024 yang dilantik akhir bulan lalu.  Acara ini diadakan di aula Kankemenag Kota Magelang untuk pemaparan rencana program kerja Pokjaluh pada 3 tahun kedepan. Hadir dalam kegiatan ini seluruh penyuluh agama Islam baik PNS maupun Non PNS, Kepala KUA Kecamatan dan staf Bimas Islam Kankemenag Kota Magelang. (Rabu, 15/12).

Ketika memberikan sambutan Kepala Kankemenag Kota Magelang menyampaikan bahwa penyuluh agama merupakan salah satu ujung tombak dari Kementerian Agama dalam menjalin sinergitas dengan para stakeholder terkait dan juga umat. Penyuluh agama harus memiliki kecakapan dalam berkomunikasi sehingga mampu membangun relasi untuk mendukung tugas dan fungsinya menyukseskan program kerja Kementerian Agama. Terang Sofia Nur.

Sementara itu Kasi Bimas Islam Kankemenag Kota Magelang dalam arahannya menegaskan “dalam  melaksanakan tugas dan fungsinya penyuluh agama Islam harus berpegang teguh terhadap kebijakan yang telah digariskan oleh Dirjen Bimas Islam.  Hal ini dimaksudkan agar dalam melaksanakan tugasnya terarah dan terukur,”ujar Abdurrosyid.

 “Pokjaluh merupakan wadah bagi peyuluh agama Islam untuk mendorong dan optimalisasi tugas dan fungsi kepenyuluhan. Pokjaluh juga menjadi ajang diskusi dan berbagai pengalaman antar penyuluh, sehingga kendala-kendala yang dihadapi tersolusikan. Apalagi diera digitalisasi ini, setiap penyuluh dituntut memiliki kemampuan menguasai teknologi agar bisa berperan positif melalui media sosial yang kini ada,” terangnya kemudian.

Dikesempatan yang sama Ketua Pokjaluh Kankemenag Kota Magelang saat memimpin diskusi mengatakan bahwa untuk menunjang suksesnya program-program kepenyuluhan yang telah kita sepakati bersama tidak lain yang kita butuhkan adalah soliditas di internal kita. Penyuluh agama Islam memiliki cakupan tugas yang luas dan tantangan kompleks. Penyuluh merupakan eduktor, advokator, motivator, fasilitator dan sekaligus juga katalisator. Ucap Shanti Maharanti.  

“ Sebuah organisasi akan berhasil dengan baik bilamana memiliki program kerja yang sesuai dengan  maksud dan tujuan dibentuknya organisasi itu sendiri. Dan Alhamdilliah program kerja yang telah kita tetapkan ini memiliki keselarasan dengan program dari pemerintah Kota Magelang pula, sehingga akan lebih dapat dirasakan kemanfaatannya oleh masyarakat,” tambahnya. (Titiks/Hari).