Pramuka Bersholawat

Kab. Pekalongan – Menindaklanjuti Surat Edaran No. 451/0016465 yang dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tentang permohonan menghadirkan peserta daring, maka para pembina maupun anggota pramuka gudep pangkalan MTs Negeri 2 Pekalongan bersama-sama mengikuti kegiatan Pramuka Bersholawat. (Jum’at, 3 Desember 2021)

Kegiatan yang dipusatkan di Gedung Bustanul Asyiqin Surakarta itu diselenggarakan secara virtual mulai pukul 19.30 sampai dengan pukul 22.00 WIB. Peserta kegiatan yang terdiri dari seluruh unsur pramuka se Jawa Tengah ini mengikuti secara virtual dari tempatnya masing-masing melalui zoom meeting dan channel Youtube Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Termasuk para pembina pramuka dari MTs Negeri 2 Pekalongan yang mengakses acara melalui zoom meeting dan youtube dari rumah masing-masing.

Kegiatan Pramuka Bersholawat dilaksanakan dalam serangkaian acara. Dimulai dari pembukaan lalu dilanjutkan dengan peampilan pemenang juara 1 lomba Lalaran Nadzoman Aqidatul Awwam. Selanjutnya, dilanjutkan dengan sholawatan dipimpin oleh Habib Syech sembari menunggu kehadiran Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Setelah beliau hadir, acara dilanjutkan dengan sambutan Gubernur.

Dalam sambutannya, Ganjar menyampaikan sangat bahagia bisa mengikuti sholawatan bersama para pramuka Jawa Tengah. Ia memahami besarnya keinginan masyarakat untuk kembali menikmati sholawatan seperti sebelum adanya pandemi. Ia juga mengingatkan masyarakat untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan meski sudah divaksin.

“Pramuka sebagai penggerak diharapkan dapat memberi teladan serta menyebar kepedulian terutama dalam gerakan hidup bersih selama pandemi covid-19.” ujarnya.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan tausiyah oleh KH Sri Setyo, M.Pd selaku pengasuh Al Falah Sukoharjo dan ditutup dengan doa oleh ketua MUI Jawa Tengah, Dr. KH. Ahmad Darodji, M.Si.

Selain Gubernur Jawa Tengah, hadir pula Wakil Gubernur, Taj Yasin pada acara Pramuka Bersholawat tersebut. Semua peserta yang hadir baik secara langsung maupun virtual terlihat sangat bersemangat selama acara berlangsung. Begitu juga salah satu siswi MTs Negeri 2 Pekalongan yang berpartisipasi, Bilqis Maulidina. Siswi kelas 7A itu menuturkan sangat senang bisa ikut sholawatan bersama Habib Syech. Dengan berpakaian pramuka lengkap, Bilqis mengikuti acara hingga selesai. Tati Kumalahayati, salah seorang pembina juga bersyukur bisa mengikuti acara meski hanya dari youtube. Ia sangat berharap kegiatan-kegiatan pramuka bisa segera diselenggarakan lagi dengan normal.

Imam Sayekti, S.Pd., M.Si., M.Pmat selaku Kamabigus juga mengungkapkan apresiasi yang tinggi terhadap penyelenggaraan acara Pramuka Bersholawat yang digagas oleh Pemprov Jateng. “Kami berharap acara ini dapat membangkitkan semangat para pramuka untuk terus berbakti pada negeri.” ungkapnya. (Why/Ant/bd).