Siap Jadi Penegak Laksana, 24 Anggota Pramuka Gajah Mada Srikandi Ikuti Pengembaraan

Banjarnegara – Sejumlah 24 orang anggota Pramuka Penegak Ambalan Gajah Mada – Srikandi MAN 2 Banjarnegara mengadakan kegiatan Pengembaraan pada hari Sabtu sampai Minggu, tanggal 18 sampai 19 Desember 2021.

Rute pengembaraan dimulai dari MAN 2 Banjarnegara gedung selatan dan berakhir di rumah salah satu peserta, Pandya Nauval Sihab yang berlokasi di daerah Kebanaran Mandiraja. Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin bagi semua anggota Pramuka yang ingin naik tingkat dari Penegak Bantara ke Penegak Laksana, hanya saja rutenya berbeda setiap tahun.

Ridlo Pramono selaku Kepala Madrasah sekaligus Ka Mabigus mewanti-wanti para peserta untuk tetap menjaga kesehatan.

“Adik-adik semua mohon untuk menjaga kesehatan selama kegiatan mengingat sekarang musim hujan. Selain itu, juga tetap patuhi protokol kesehatan karena kita masih dalam situasi pandemi. Akhirnya, saya ucapkan selamat mengembara dan jadilah Pramuka sejati di manapun kalian berada dengan mengamalkan Trisatya dan Dasa Dharma,” ungkapnya.

Sementara Rowi, Pembina Pramuka sekaligus Ketua Gudep menjelaskan pengembaraan tersebut menjadi salah satu syarat yang harus ditempuh oleh seorang Pramuka Penegak untuk sampai pada tingkat Laksana.

“Kegiatan pengembaraan ini merupakan salah satu dari sekian SKU (Syarat-syarat Kecakapan Umum) yang harus diselesaikan oleh adik-adik Penegak Bantara untuk sampai pada tingkatan berikutnya yaitu Penegak Laksana. Semua hal mereka lakukan secara mandiri, mulai dari perencanaan, persiapan, hingga pelaksanaan. Hal ini dilakukan untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan juga kemandirian,” jelasnya.

Rowi menambahkan, meskipun kegiatan tersebut sepenuhnya dilaksanakan oleh adik-adik Penegak, namun para Pembina tetap melakukan pengawasan selama berlangsungnya kegiatan. “Kami selaku Pembina tetap mengawasi kegiatan baik secara langsung maupun tidak, dari awal sampai akhir agar tidak ada hal yang tidak diinginkan terjadi dan harapannya berjalan dengan lancar sesuai rencana,” tutupnya. (ta/ak/rf)