Siswa MA Ma’arif NU Wanayasa Ikuti Saka Bhakti Husada (SBH)

Banjarnegara – Sebanyak 22 siswa MA Ma’arif NU Wanayasa (MAMANUSA) mengikuti kegiatan Saka Bhakti Husada (SBH) di Tempat Wisata Dawuhan Kecamatan Wanayasa Rabu,(01/12/2021). 12 siswa dan 10 siswi kelas X dan XI itu mendaftar sendiri di group WA setelah Wali Kelas menawarkan siapa saja yang ingin mengikuti kegiatan ini.

Ayunia, petugas UPTD Puskesmas Wanayasa 2 sebagai pemateri 1 yang menyampaikan materi Pelayanan Kesehatan bagi anak sekolah sesuai dengan Standar Pelayanan Minimum (SPM) Bidang Kesehatan dan Putri Meilasari sebagai pemateri 2 yang menyampaikan materi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan MA dan SLTA wilayah kerja UPTD Puskesmas Wanayasa 2.

“Kami tak kan bosan-bosannya menyampaikan materi PHBS ini karena meski sebagian besar sudah tahu, namun belum semua orang memiliki kesadaran yang tinggi. Apalagi di musim pandemi ini, tingkat kesadaran untuk menerapkan PHBS harus tetap dipantau dan ditingkatkan.  Apa lagi untuk daerah-daerah tertentu masih terdapat wabah yang lainnya selain Covid-19, yaitu Chikunguya, DBD dan TBC,” jelas Putri.

Menurutnya, mandi dengan air shower lebih aman dari pada memakai gayung di bak mandi. Karena mengurangi resiko pengendapan air yang bisa memicu sarang nyamuk. Dan kasus Covid-19 di Wilayah Banjarnegara yang sudah mulai melandai, bukan tidak mungkin membuat warganya jadi kendor kewaspadaannya dan kembali abai protokol kesehatan. 

Rahmat Salahudin, guru MAMANUSA, menandaskan bahwa ke depannya pihak UPTD Puskesmas Wanayasa 2 akan bekerja sama dengan MAMANUSA dalam hal kegiatan ekstrakurikuler Pramuka.

“Wacana ke depan nanti, peserta SBH ini akan dibimbing kepramukaan khusus oleh Pihak UPTD Puskesmas, sedang siswa lainnya, akan mengikuti kegiatan ekstrakuler pramuka seperti biasanya di madrasah dan dibimbing oleh Pembina Pramuka dari MAMANUSA,” papar Guru PJOK sekaligus Wakasiswa ini. (asg/ak/rf)